Rabu, 26 Agu 2020 12:15 WIB

Maag Sering Kambuh? Coba Atasi dengan 5 Ramuan Herbal Ini

Inkana Putri - detikHealth
ramuan herbal Foto: shutterstock
Jakarta -

Maag memang sering sekali muncul di saat yang tidak tepat. Rasa perih, panas, dan sakit di lambung membuat aktivitas menjadi terganggu. Banyak hal yang bisa menjadi pemicu maag kambuh seperti telat makan, mengonsumsi makanan asam atau pedas, hingga stres yang berlebih. Untuk atasi maag, ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi obat herbal.

Medical Manager Kalbe Consumer Health dr. Helmin Silalahi mengatakan ada beberapa herbal yang biasa digunakan untuk mengatasi sakit maag seperti kunyit, jahe, licorice, adas, peppermint, aloe vera, jinten, dan herbal lainnya. Bahkan, tanaman herbal telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional dan terbukti berpotensi efektif menyembuhkan gejala maag.

"Herbal untuk membantu mengatasi gejala penyakit merupakan pengobatan tradisional yang sudah diakui sejak dulu kala. Pengalaman empiris membuktikan banyak herbal yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi pengobatan yang tidak kalah efektif dengan obat kimia, untuk gejala maag juga banyak herbal yang sudah memiliki bukti efikasi dan keamanan," ujarnya kepada detikcom baru-baru ini.

Selain obat herbal yang disebutkan di atas, ada juga jenis herbal lainnya yang berkhasiat meredakan maag. Melansir berbagai sumber, berikut beberapa ramuan herbal yang bisa atasi maag.

Jahe

Jahe umumnya lebih dikenal sebagai tanaman herbal yang berfungsi untuk meredakan gangguan tenggorokan dan batuk. Namun, herbal yang satu ini ternyata juga telah digunakan untuk masalah pencernaan selama ribuan tahun. Beberapa penelitian medis menunjukkan jahe efektif meredakan mual dan muntah serta bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gastritis. Biasanya, banyak orang yang mengonsumsi jahe dengan cara menyeduhnya dengan air hangat.


Kunyit
Tak hanya berfungsi untuk menambah cita rasa masakan, kunyit juga sering digunakan sebagai obat herbal, khususnya pada jamu. Kunyit yang mengandung kurkumin bisa mengurangi peradangan hingga risiko jantung. Fungsi kunyit sebagai antiperadangan ini lah yang membuat kunyit juga berkhasiat untuk mengobati maag.

"Kunyit termasuk tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, dan bukti efikasi juga sudah banyak. Untuk mengatasi sakit maag kunyit bekerja melalui efikasi sebagai antiperadangan sehingga dapat meredakan peradangan di lambung dan dapat membantu menambah lapisan lambung sehingga tidak mudah teriritasi oleh asam lambung," jelas dr. Helmin beberapa waktu lalu.

Madu
Madu memang telah bertahun-tahun lamanya digunakan sebagai obat herbal. Kandungan kaya
antioksidan sering sekali dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung, stroke, serta kanker. Selain itu, sifat antibakteri pada madu juga dapat membantu melawan bakteri penyebab gangguan pada lambung, termasuk maag.

Royal Jelly
Sama seperti madu, royal jelly ternyata juga memiliki banyak manfaatnya, termasuk untuk pencernaan. Kandungan nutrisi dalam royal jelly berfungsi sebagai antiinflamasi yang bisa membantu penyembuhan luka, termasuk luka di lambung.


Daun Mint
Daun mint sering sekali digunakan sebagai campuran pada minuman atau hiasan makanan. Namun, ternyata daun mint juga berkhasiat untuk meredakan gangguan pencernaan. Kandungan mentol dalam daun mint bisa memberikan efek relaksasi pada otot saluran pencernaan sehingga membantu meredakan gangguan pencernaan, termasuk maag.

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan pada lambung, Anda bisa mengkonsumsi Promag Herbal yang mengandung ramuan herbal seperti kunyit, jahe merah, madu, adas, ananas, akar manis, daun mint dan royal jelly. Dengan kandungan herbal yang lengkap, Promag Herbal dapat membantu meredakan perut kembung, mual, begah, dan maag.



Simak Video "Obat Maag Ranitidin Ditarik, BPOM Umumkan Daftar Obat Pengganti"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)