Jumat, 21 Agu 2020 19:36 WIB

Yuk, Kenali Istilah Diet Lambung untuk Cegah Sakit Maag

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHealth
Maag Foto: shutterstock
Jakarta -

Gaya hidup masyarakat mempengaruhi pola makan sehari-hari. Gangguan lambung seperti sakit maag dapat terjadi jika kondisi lambung tidak terjaga akibat pola makan yang tidak teratur.

Untuk menjaga kondisi lambung agar tetap prima, sebaiknya dimulai dari mengubah pola makan sehari-hari. Oleh karena itu masyarakat bisa mencoba sebuah diet yang diberi nama diet lambung, untuk mencegah gangguan lambung seperti sakit maag.

"Diet lambung adalah mengonsumsi makanan-minuman yang bersahabat bagi lambung, tidak memicu iritasi lambung atau kenaikan asam lambung," ujar Medical Manager Kalbe Consumer Health dr Helmin Agustina, kepada detikHealth baru-baru ini.

Dengan rutin melakukan diet lambung maka bisa mengurangi gejala-gejala gangguan lambung di masa depan dan menjaga kondisi lambung dalam jangka waktu yang lama.

"Setiap orang sebaiknya mengonsumsi makanan yang bersahabat dan baik bagi lambung karena akan lebih mudah dicerna dan tidak menyebabkan peningkatan asam lambung," ujarnya.

dr Helmin mengatakan untuk melakukan diet lambung, makanan-makanan yang dikonsumsi tidak boleh meningkatkan asam lambung dan mengiritasi lambung. Adapun makanan-makanan tersebut adalah sebagai berikut.

· Makanan kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan whole grains

· Makanan rendah lemak, seperti ikan dan sayuran

· Makanan rendah asam, seperti sayuran dan kacang-kacangan.

· Makanan pengganti nasi yang dimasak lembut

· Rebus-rebusan

· Sayuran muda yang dimasak

Sedangkan makanan yang harus dihindari adalah sebagai berikut.

· Alkohol

· Gorengan

· Sayuran Mentah

· Kopi

· Makanan bersifat asam (buah asam juga termasuk)

· Makanan pedas

· Makanan berlemak

· Makanan bersantan

· Minuman bersoda

dr Helmin pun menjelaskan konsumsi makanan yang bersahabat bagi lambung seperti diet lambung ini, tentu akan sangat baik bagi pencegahan dan pengobatan pada sakit maag. Namun masyarakat juga harus ingat, ada beberapa faktor lain yang juga dapat menyebabkan sakit maag.

"Perlu diingat faktor lain yang juga dapat menyebabkan sakit maag selain makanan, seperti kegagalan management stress, merokok, minum alkohol, dan lain sebagainya. Jadi selain diet sehat, perlu diatasi juga faktor lain pencetus sakit maag," ungkapnya.

Oleh karena itu, jika Anda masih mengalami gangguan lambung yang tidak tahu dari mana penyebabnya bisa mencoba Promag Herbal yang mengandung Jahe Merah. Obat herbal ini bermanfaat untuk membantu meredakan gangguan lambung seperti mual dan muntah, perih ulu hati, serta kembung/sebah.

Promag Herbal dengan kandungan 8 herbal seperti Kunyit, Jahe Merah, Madu, Adas, Ananas, Akar Manis, dan Daun Mint yang hangat di tenggorokan dan perut sehingga dapat mengurangi rasa mual, muntah, dan nyeri ulu hati serta praktis untuk dibawa ke mana saja dan diminum kapan saja. Promag Herbal juga bisa diminum langsung atau dicampur dengan air atau teh hangat.



Simak Video "Obat Maag Ranitidin Ditarik, BPOM Umumkan Daftar Obat Pengganti"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)