Rabu, 26 Agu 2020 12:33 WIB

Satgas COVID-19 Sebut Bioskop Buka Lagi untuk Tingkatkan Imunitas

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
gugus kota bandung pantau bioskop Bioskop bakal buka di masa pandemi Corona. (Foto: Wisma Putra)
Jakarta -

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan salah satu alasan pembukaan bioskop di masa pandemi Corona adalah untuk meningkatkan imunitas masyarakat. Menonton film dianggap dapat memberikan kebahagiaan sehingga daya tahan tubuh seseorang naik.

"Perlu kami sampaikan, bahwa bioskop dan sinema memiliki karakteristik penting dan kontribusi penting, terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat," katanya dalam konferensi pers di Youtube BNPB, Rabu (26/8/2020).

"Imunitas bisa meningkat karena bahagia, atau suasana mental fisik dari penonton dan masyarakatnya juga ditingkatkan. Bioskop cinema salah satu kontributor," lanjutnya.

Prof Wiku menjelaskan pembukaan bioskop diperlukan waktu yang panjang dan melihat waktu yang tepat. Ia juga harus memastikan daerah yang membuka bioskop adalah wilayah yang sudah siap dengan fasilitas protokol kesehatan.

Selain itu pengelola bioskop juga harus memastikan kesiapan diri untuk membuka kembali dan memberlakukan sejumlah aturan yang ketat seperti tidak memberikan izin bagi kalangan yang memiliki kondisi jantung, paru-paru, ginjal, diabetes, dan hipertensi.

"Pastikan bahwa antrian masuk dan keluar dari bioskop dijaga dengan ketat dengan jaga jarak minimal 1,5 meter agar tidak terjadi kontak antara pengunjung," ujar Prof Wiku.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan membuka bioskop dalam waktu dekat.

"Dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop di Jakarta akan kembali dibuka dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detail dan pengawasan ketat," ucapnya.



Simak Video "Heboh 'Nonton Bioskop Tingkatkan Imunitas', Jubir Satgas Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)