Kamis, 27 Agu 2020 09:00 WIB

Ilmuwan Inggris Klaim 'Semprotan Anti Serangga' Ampuh Bunuh Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi obat nyamuk semprot Semprotan anti serangga diklaim bisa bunuh virus Corona. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Ilmuwan Inggris menyebut semprotan anti serangga dapat membunuh virus Corona COVID-19. Semprotan yang dimaksud adalah semprotan yang mengandung citriodiol.

Dikutip dari New York Post, penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan di Defense Science and Technology Laboratory (DSTL). Dalam penelitian tersebut, mereka menemukan bahan aktif yang terbuat dari minyak pada daun dan ranting pohon eucalyptus citriodora, yakni citriodiol, dapat membunuh jenis virus penyebab COVID-19.

"DSTL berharap temuan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai batu loncatan bagi organisasi lain untuk memperluas dan mengembangkan penelitian, serta untuk mengkonfirmasi temuan dalam publikasi ini," kata lembaga tersebut, dikutip dari Straits Times.

Meski begitu, semprotan anti serangga yang mengandung citriodiol ini disebut tidak cukup ampuh untuk melindungi seseorang dari paparan virus Corona. Maka dari itu, penggunaan masker dan rutin mencuci tangan, serta menjaga jarak tetap diperlukan.

Sebelumnya pada bulan Mei, Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace pun pernah mengatakan bahwa angkatan bersenjata di negara itu diberi semprotan anti serangga sebagai perlindungan potensial terhadap virus Corona.



Simak Video "Komunitas Relawan di Shanghai Turun Tangan Bantu Warga yang Karantina"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)