ADVERTISEMENT

Kamis, 27 Agu 2020 16:44 WIB

3 Wilayah DKI Jakarta Zona Merah Selama 4 Minggu Berturut-Turut

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Replika peti mati terlihat di kawasan Kemang, Jakarta. Keberadaan replika peti mati tersebut untuk mengingatkan warga akan bahaya COVID-19. Virus Corona COVID-19 (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta -

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito memaparkan ada sekitar 10 kabupaten/kota yang berada di wilayah zona merah tanpa adanya perubahan selama 4 minggu berturut-turut. Tiga kota di wilayah DKI Jakarta juga menjadi perhatian.

"Ini perlu kita perhatikan bersama karena tidak ada perubahan tetap zona merah," kata Prof Wiku dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (27/8/2020).

Berikut adalah 3 kota di DKI Jakarta yang zona merah selama 4 minggu:

1. Jakarta Barat
2. Jakarta Pusat
3. Jakarta Utara

"Ini kasusnya masih menanjak terus dan seminggu yang lalu jumlah kasus kumulatifnya tertinggi. Sedangkan kematiannya masih naik terus 116 kematian dalam 1 minggu," ungkap Prof Wiku.

Satgas COVID-19 mengapresiasi DKI Jakarta dalam pencatatan dan tracing kontak pasien COVID-19. Testing di wilayah DKI Jakarta juga sudah di atas rekomendasi WHO sehingga kondisi kasusnya bisa terbaca dengan baik dan lengkap.

Pemda DKI Jakarta juga diharapkan mampu mengendalikan kasus Corona dengan membuat masyarakat lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan mengingat pasien yang dirawat di rumah sakit masih banyak dan bertambah tiap harinya.

"Pencatatan klaster khususnya yang terjadi di Jakarta mulai dari pemukiman, perkantoran, pasar, dan juga kegiatan ibadah. Mohon agar bisa ditangani dengan baik agar zonasinya bisa berubah dengan baik di minggu-minggu berikutnya," pungkas Prof Wiku.



Simak Video "WHO Laporkan Penularan Covid-19 di DKI Jakarta Sangat Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT