Jumat, 28 Agu 2020 13:30 WIB

Gegara Vape Remaja Ini Hampir Meninggal, Paru-parunya Mirip Perokok 80 Tahun

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi vape Remaja ini hampir meninggal karena vape. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Seorang remaja hampir meninggal setelah menggunakan vape selama enam bulan. Bahkan, kondisi paru-parunya disebut seperti seorang perokok berusia 80 tahun.

Mirisnya, ia harus menghadapi kondisi paru-paru yang fatal bertepatan saat memasuki ujian akhir sekolah menengah. Ia terpaksa menjalani perawatan intensif di Queen's Medical Center di Nottingham, Inggris, dan membutuhkan paru-paru buatan untuk bertahan hidup.

Remaja bernama Ewan ini menghabiskan 10 minggu di rumah sakit saat para dokter berjuang untuk menyelamatkan hidupnya. Saat ini, ia sudah kembali ke rumah, tetapi kondisinya bisa kembali memburuk jika ia kembali menggunakan vape.

Ewan yang berusia 16 tahun ini bahkan sebelumnya bercita-cita menjadi petinju. Ia memakai vape agar lebih sehat dan membantu dirinya berhenti merokok.

Namun kini Ewan kehabisan napas hanya dengan berjalan menaiki tangga. Ewan tidak hanya memiliki masalah dengan paru-parunya, tetapi bobotnya juga bertambah 31 kilogram sejak dirawat di rumah sakit.

Ewan, yang tinggal di Nottingham, Inggris, juga mengaku mengidap masalah kesehatan mental.

"Saya dulu sangat sehat. Saya biasa berlari setiap malam dan saya tidak bisa melakukan apa-apa lagi. Saat saya merasa paru-paru saya kacau, saya menggunakan steroid untuk membantu mengatasinya," sebut Ewan, dikutip dari News.com.au.

"Hidup saya benar-benar berubah. Ketika saya di rumah sakit, mereka mengatakan saya memiliki paru-paru perokok seumur hidup berusia 80 tahun," lanjutnya.



Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)