Jumat, 28 Agu 2020 20:00 WIB

Badan Capek Tapi Susah Tidur? Ini 3 Kemungkinan Penyebabnya

Elsa Himawan - detikHealth
Desperate girl suffering insomnia trying to sleep in a bed at home in the night Susah tidur meski sudah kelelahan (Foto: iStock)
Jakarta -

Tubuh terasa lelah, sedangkan mata tak kunjung mengantuk. Setiap orang mungkin pernah mengalami hal serupa.

Kondisi ini seringkali membuat jengkel. Pasalnya, tubuh memerlukan istirahat yang berkualitas untuk bisa memulihkan sel-sel yang rusak akibat stres dan kelelahan.

Ada banyak penyebab seseorang susah tidur sekalipun badan dan pikirannya sudah kelelahan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut, dikutip dari Sleepio.

1. Pikiran terus aktif

Great British Sleep Survey mengungkap bahwa banyak pikiran adalah faktor utama yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan tidur. Seringkali mereka yang mengalami hal ini, memikirkan peristiwa masa lalu dan hal-hal sepele yang akhirnya membuat mereka sulit merasa ngantuk.

2. Terlalu lelah

Melakukan aktivitas fisik yang berat, seperti olahraga, rupanya dapat membuat badan tidak cukup nyaman untuk tidur. Meski sebenarnya olahraga bisa memperbaiki kualitas tidur, melakukannya terlalu dekat dengan waktu tidur justru memberikan dampak negatif. Bukannya makin nyenyak, malah jadi gelisah dan susah tidur.

3. Konsumsi kafein dan nikotin

Efek sulit tidur juga bisa disebabkan oleh stimulan, seperti kafein dan nikotin. Oleh sebab itu, hindari minum kopi ataupun merokok ketika kamu ingin tidur. Tidak merokok untuk seterusnya akan lebih baik lagi.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)