Sabtu, 29 Agu 2020 10:00 WIB

Aktor 'Black Panther' Chadwick Boseman Meninggal karena Kanker Usus Besar

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Black Panther Chadwik Boseman, pemeran Black Panther, meninggal dunia. (Foto: dok Black Panther)
Jakarta -

Pemeran Black Panther, Chadwick Boseman, meninggal dunia pada usia 43 tahun. Kabar ini langsung disampaikan keluarganya lewat pernyataan yang disampaikan pada akun Twitter resmi Chadwick Boseman.

Boseman disebut meninggal setelah berjuang melawan penyakit kanker usus yang diidapnya. Boseman diketahui sudah mengidap kanker usus besar sejak 4 tahun lalu.

"Chadwick didiagnosa mengidap kanker usus besar stadium III pada 2016 dan berjuang melawan penyakitnya selama 4 tahun saat berkembang ke tahap iv," tulis pernyataan keluarganya.

Keluarganya berterima kasih atas kasih dan doanya serta meminta untuk tetap menghormati privasi mereka dalam keadaan duka. Boseman meninggal pada rumahnya di Los Angeles dengan istri dan keluarganya di sisinya.

Dikutip dari Mayo Clinic, kanker usus besar umumnya sering menyerang usia lanjut, yaitu 50 tahun ke atas meski bisa terjadi pada usia berapa pun. Jika kanker usus besar berkembang, beberapa perawatan yang bisa diberikan termasuk operasi, terapi radiasi, dan perawatan obat, seperti kemoterapi, terapi bertarget, dan imunoterapi.

Penyebab pasti kanker usus besar tidak diketahui, tetapi faktor risiko tertentu sangat terkait dengan penyakit ini, termasuk pola makan, merokok, dan penggunaan alkohol dalam jumlah besar. Selain itu, orang dengan sindrom kanker herediter tertentu atau riwayat keluarga kanker usus memiliki risiko tinggi terkena penyakit ini.



Simak Video "Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)