Sabtu, 29 Agu 2020 11:31 WIB

Diidap Chadwick Boseman Sebelum Meninggal, Kenali Gejala Kanker Usus

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 24: Chadwick Boseman attends the 91st Annual Academy Awards at Hollywood and Highland on February 24, 2019 in Hollywood, California. (Photo by Frazer Harrison/Getty Images) Chadwick Boseman meninggal dunia. (Foto: Frazer Harrison/Getty Images)
Jakarta -

Pemeran 'Black Panther', Chadwick Boseman, meninggal dunia di kediamannya di Los Angeles pada Jumat (28/8/2020). Pihak keluarga menyebut Boseman meninggal dunia usai berjuang melawan penyakit kanker usus yang diidapnya.

"Chadwick didiagnosa mengidap kanker usus besar stadium III pada 2016 dan berjuang melawan penyakitnya selama 4 tahun saat berkembang ke tahap iv," tulis pernyataan keluarganya.

Kanker usus atau kanker kolon merupakan jenis kanker yang bermula di usus besar. Ini adalah bagian paling ujung dari saluran pencernaan. Sering juga disebut kanker kolorektal karena menyerang area kolon (usus besar) dan rektum (dubur).

American Cancer Society (ACS) memperkirakan bahwa sekitar 1 dari 23 pria dan 1 dari 25 wanita akan mengembangkan kanker kolorektal selama hidup mereka.

Dikutip dari Healthline, kanker kolorektal mungkin tidak menunjukkan gejala apapun, terutama pada tahap awal. Jika Anda mengalami gejala pada tahap awal, mungkin termasuk:

- Sembelit
- Diare
- Perubahan warna feses
- Adanya darah pada feses
- Kram dan sakit perut tak tertahankan

Umumnya gejala kanker kolorektal lebih terlihat pada stadium akhir atau stadium 3 dan 4. Selain gejala di atas, seseorang mungkin juga mengalami:

- Kelelahan yang berlebihan
- Penurunan berat badan drastis
- Sering muntah
- Kesulitan bernapas
- Sakit kepala kronis
- Tangan dan kaki bengkak



Simak Video "Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)