Minggu, 30 Agu 2020 13:26 WIB

Satgas COVID-19: Kepatuhan Warga Pakai Masker di Bawah 70 Persen

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sosialisasi dan aksi bagikan masker digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menpora Zainuddin Amali hadir di acara itu. Kesadaran pakai masker masih di bawah 70 persen (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Masker jadi salah satu hal yang sangat diperhatikan di tengah pandemi Corona saat ini. Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo menyebut bahwa sebanyak 90 persen masyarakat sudah memahami pentingnya penggunaan masker.

Namun, tingkat kepatuhan mereka untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas masih berada di bawah 70 persen.

"Kita kumpulkan dari beberapa wilayah, 90 persen masyarakat kita itu sudah paham memakai masker. Tetapi, kepatuhannya masih di bawah 70 persen, bahkan ada daerah yang kepatuhannya di bawah 50 persen," katanya saat ditemui di dalam sebuah kegiatan kampanye masker di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (30/8/2020).

Menurutnya, sanksi yang telah dibuat bagi yang tidak patuh menggunakan masker tidak bisa bekerja begitu saja. Masih perlu adanya kesadaran dari para warganya untuk menerapkannya secara langsung saat beraktivitas.

"Oleh karena itu, kami mengharapkan ada sebuah kesadaran. Bukan hanya kesadaran individu, tetapi juga kesadaran kolektif," lanjutnya.

Doni juga mengatakan sejumlah kabupaten/kota sudah secara masif membagikan masker secara gratis. Selain itu, Doni menyebutkan ada kabupaten/kota yang membagikan masker cuma-cuma yang jumlahnya dua kali lipat lebih banyak dari jumlah penduduk di sana.

"Kalau kita hitung secara nasional, jumlah masker yang dibagikan kepada masyarakat itu sudah cukup, terutama kepada daerah-daerah yang potensi penularannya cukup tinggi," jelas Doni.

Ia berharap, dengan adanya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat ini bisa menekan angka penyebaran virus Corona di Indonesia.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)