Selasa, 01 Sep 2020 13:07 WIB

Efek Samping Vaksin Corona Berbahaya? Ini Penjelasan Satgas COVID-19

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 mulai melakukan penyuntikan vaksin bagi para relawan. Proses penyuntikan itu dilakukan di Bandung. Bagaimana dengan efek samping dari vaksin Corona? (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Vaksin virus Corona COVID-19 sebentar lagi sudah dapat diproduksi. Saat ini sejumlah kandidat vaksin tersebut sedang dalam tahap uji klinis fase 3, yang dilakukan di berbagai negara termasuk Indonesia.

Namun, bagaimana dengan risiko efek sampingnya?

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan kemungkinan adanya efek samping pada vaksin akan sangat kecil terjadi. Ini karena ketika diproduksi nanti vaksin Corona sudah melewati berbagai macam uji klinis, sehingga sudah bisa terjamin tingkat keamanannya.

"Jadi jika ujinya dilakukan dengan baik, diamati dengan baik, maka potensi untuk memiliki efek samping itu menjadi sangat minim. Bisa saja kalau risiko itu untuk adanya efek samping itu bisa saja ada, tetapi biasanya sangat kecil," kata Wiku dalam video yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (1/9/2020).

Wiku juga menjelaskan efek positif yang dihasilkan dari vaksin Corona akan jauh lebih banyak dibandingkan risiko timbulnya efek samping. Maka dari itu, jangan takut untuk melakukan vaksinasi agar terhindar dari risiko infeksi COVID-19.

"Efek positifnya dari vaksinasi itu jauh lebih besar daripada potensi efek samping, karena efek samping selalu diamati dalam uji klinis dan selalu diamankan dari uji tersebut," tuturnya.



Simak Video "Janji India Bagikan Vaksin Corona Buatannya ke Seluruh Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)