ADVERTISEMENT

Rabu, 02 Sep 2020 14:13 WIB

6 Bulan Pandemi, Satgas COVID-19 Sebut Deretan Aktivitas Rawan Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kawasan Jakarta Utara menjadi wilayah dengan jumlah kelurahan kasus terbanyak. Salah satunya adalah kawasan Pademangan Barat. Penularan virus Corona di Indonesia. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Setidaknya sudah 6 bulan Indonesia menghadapi wabah Corona. Banyak masyarakat yang mulai menjalani aktivitas sosial.

Namun, beberapa di antara mereka masih ada yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Padahal, banyak aktivitas-aktivitas yang rawan penularan Corona dan perlu ekstra hati-hati.

Seperti yang disampaikan Dewi Nur Aisyah, anggota tim pakar Satgas COVID-19. Dewi menyebut ada sederet aktivitas yang perlu diwaspadai atau perhatian ekstra, mengingat risiko penularan Corona masih sangat mungkin terjadi.

Berikut deretan aktivitas yang perlu perhatian ekstra:

- Kegiatan sosial
- Tahlilan
- Pengajian
- Pernikahan
- Ibadah
- Asrama
- Pesantren
- Panti Asuhan
- Perkantoran/Industri
- Faskes
- Transportasi umum
- MRT, LRT, KRL
- Komunitas Olahraga
- Tempat Wisata
- Hiburan

Dewi menjelaskan perlunya kehati-hatian saat kembali menjalani aktivitas sosial. Hal-hal seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan jangan sampai disepelekan.

"Ada aktivitas-aktivitas masyarakat yang memang perlu sekali kita hati-hati, hati-hatinya ekstra," sebut Dewi dalam siaran pers BNPB 'Covid-19 dalam Angka' melalui kanal YouTube Rabu (2/9/2020).

"Banyak yang keluar rumah menghadiri kondangan misalnya, jalan-jalan, belanja ke pasar, tetap kalau bisa waktunya se-sebentar mungkin," lanjutnya.



Simak Video "Kasus Harian Covid-19 Jepang Tembus 100.000"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT