Rabu, 02 Sep 2020 16:53 WIB

Umi Pipik Ungkap Idap Tumor Kelenjar Getah Bening, Kondisi Apa Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
seleb Umi Pipik mengidap tumor kelenjar getah bening. (Foto: Pipik Dian Irawati / Hanif Hawari)
Jakarta -

Istri mendiang Ustaz Jefri Al Bukhori, Umi Pipik, memberikan kabar yang mengejutkan terkait kesehatannya. Ia mengatakan bahwa dirinya mengidap penyakit tumor kelenjar getah bening.

"Sempat ada kayak tumor kecil gitu, kelenjar getah bening di leher," kata Umi Pipik saat berbincang dengan Ashanty dan Aurel di channel YouTube keluarga Anang Hermansyah itu.

Dikutip dari Lymphoma News Today, tumor kelenjar getah bening atau limfoma adalah jenis tumor yang muncul pada sel darah putih yang disebut limfosit. Jika limfoma ini tidak bersifat kanker, disebut dengan limfoma jinak, pseudolimfoma, atau hiperplasia limfoid jinak (BLH).

Limfoma jinak ini memiliki gejala yang mirip dengan limfoma kanker, tetapi lebih mudah diobati. Bahkan kasus kematian akibat limfoma jinak ini jarang terjadi, meskipun tumor yang tumbuh ini membuat orang yang mengidapnya tidak nyaman.

Limfoma bisa semakin berkembang saat limfosit tumbuh secara tidak normal dan muncul sel-sel baru di antara sel yang mati. Tetapi untuk mengenalinya, ada gejala pertama dari limfoma jinak atau ganas, yaitu terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Limfoma jinak atau tumor jinak ini umumnya terjadi pada kelenjar getah bening. Pertumbuhan limfoma jinak ini lambat dan cenderung tidak meluas ke jaringan terdekat atau bagian tubuh lainnya.

Terkait penyebab limfoma jinak ini masih belum sepenuhnya dipahami. Tetapi, mungkin penyebabnya bisa terkait dengan:

  • Paparan radiasi
  • Kebiasaan makan tertentu
  • Stres
  • Trauma atau cedera lokal
  • Peradangan atau infeksi.
  • Efek dari obat-obatan.

Adapun beberapa gejala pertama yang muncul karena limfoma jinak ini, yaitu:

  • Timbul rasa sakit
  • Ada pembengkakan pada kelenjar getah bening, terutama pada leher, dada, dan perut.



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)