Kamis, 03 Sep 2020 08:17 WIB

CDC AS Desak Vaksin Corona Harus Siap Didistribusikan 1 November

Ayunda Septiani - detikHealth
Vaksin virus corona: WHO peringatkan Rusia ikuti panduan internasional di tengah rencana imunisasi massal pada Oktober Ilustrasi vaksin. (Foto ilustrasi: BBC World)
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, telah mendesak negara bagian di AS untuk bersiap-siap untuk mendistribusikan vaksin virus Corona COVID-19 pada 1 November mendatang.

Dikutip dari laman ABC 7, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, Robert Redfield mengatakan negara bagian "dalam waktu dekat" akan menerima permohonan izin dari McKesson Corp, yang telah mengontrak CDC untuk mendistribusikan vaksin termasuk departemen kesehatan dan rumah sakit negara bagian dan lokal.

"CDC segera meminta bantuan Anda dalam mempercepat aplikasi untuk fasilitas distribusi ini, jika perlu, meminta Anda mempertimbangkan untuk mengesampingkan persyaratan yang akan mencegah fasilitas ini beroperasi penuh pada 1 November 2020," demikian isi surat dari Robert Redfield, dikutip oleh The Wall Street Journal.

Dokumen-dokumen itu pertama kali diposting oleh New York Times. CDC mengkonfirmasi kepada CNN bahwa mereka telah mengirimkannya ke pejabat kesehatan masyarakat kota dan negara bagian.

Dokumen tersebut memprioritaskan populasi tertentu untuk vaksin Corona, termasuk profesional perawatan kesehatan, pekerja esensial, penghuni dan staf fasilitas perawatan jangka panjang, dan populasi keamanan nasional.

Selain itu, Redfield meminta negara bagian untuk mempercepat izin untuk perusahaan yang telah dikontrak oleh pemerintah federal untuk membantu mendistribusikan vaksin virus Corona apa pun dan meminta agar mereka mengesampingkan persyaratan yang mungkin menghalangi pendistribusian vaksin paling lambat pada 1 November mendatang.

Namun para ahli mengatakan mereka tidak bisa memahami bagaimana mungkin ada data yang mendukung tentang vaksin tersebut bisa aman sesuai dengan tanggal yang diminta.

"Bersiap itu masuk akal. Memotong uji coba fase 3 singkat sebelum Anda mendapatkan informasi yang Anda butuhkan tidaklah tepat," jelas Dr Paul Offit, pakar imunisasi Rumah Sakit Anak Philadelphia yang duduk di komite penasehat vaksin FDA.

Tanggal tersebut merupakan dua hari sebelum Hari Pemilu AS, dan berminggu-minggu, jika tidak berbulan-bulan, sebelum sebagian besar ahli mengharapkan vaksin diuji sepenuhnya. Dokumen tersebut tidak berarti vaksin akan tersedia pada akhir Oktober.



Simak Video "BPOM Akan Cabut Izin Darurat Vaksin COVID-19 Jika Terlalu Berisiko"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)