Kamis, 03 Sep 2020 20:00 WIB

Kasus Baru Corona Rekor Lagi, Perlu Lakukan Apa Sambil Menunggu Vaksin?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Mural bertema waspada penyebaran virus Corona hiasi jalan di Solo. Lukisan itu dibuat agar para pengguna jalan mematuhi protokol kesehatan guna cegah COVID-19 Ilustrasi virus Corona. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Kasus baru Corona hari ini, Kamis (3/9/20) kembali mencatat rekor dengan penambahan 3.622 kasus. Vaksin Corona banyak dinanti masyarakat karena menjadi salah satu strategi mengatasi wabah.

Presiden Joko Widodo sendiri menargetkan vaksin Corona sudah masuk Indonesia di akhir tahun dengan 20 hingga 30 juta vaksin.

Sambil menunggu vaksin Satgas Penanganan COVID-19 menghadapi pertanyaan apakah pembukaan bioskop dan sejumlah sektor yang tidak terlalu mendesak akan ditunda, dan mungkinkah PSBB kembali diperketat?

"Pemerintah daerah adalah memegang kendali terhadap situasi yang ada di daerahnya masing-masing, pembukaan fasilitas tidak semerta-merta dibuka. Harus dilakukan upaya pra kondisi," kata Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam siaran pers BNPB Kamis (3/8/2020).

"Di mana melakukan assesment atau kajian terhadap kondisi yang ada, kemampuan fasilitas pendukungnya yang ada, termasuk fasilitas kesehatan, kemudian ditentukan kapan dibukanya," lanjutnya.

Pembukaan fasilitas seperti bioskop memiliki beberapa pertimbangan terkait waktu. Tidak hanya itu, Prof Wiku menekankan akan dilakukan simulasi terlebih dahulu dan memastikan transportasi pendukung tempat fasilitas yang akan dibuka.

"Dan juga menentukan prioritas mana yang didahulukan dan koordinasi dengan pemerintah pusat. Tidak menimbulkan masalah di depan," kata Prof Wiku.

"Harus pemda melakukan pengetatan kembali agar kasusnya terkendali, bisa sama seperti penutupan kembali aktivitas sosial ekonomi yang menurut data berkontribusi terhadap peningkatan kasus di wilayah tersebut. Maka kalau tidak demikian kasusnya menjadi tidak terkendali," pungkasnya.



Simak Video "Asa Vaksinasi di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)