Jumat, 04 Sep 2020 09:30 WIB

Robert Pattinson Positif COVID-19, Satu Lagi Bukti Bugar Tak Dijamin Kebal

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
NEW YORK, NY - NOVEMBER 27:  Actor Robert Pattinson attends IFPs 27th Annual Gotham Independent Film Awards on November 27, 2017 in New York City.  (Photo by Dimitrios Kambouris/Getty Images for IFP) Robert Pattinson positif COVID-19. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Aktor Robert Pattinson menambah deretan tokoh 'bugar' yang akhirnya terpapar virus Corona menyusul bintang film Dwayne Johnson 'The Rock', dan pesepakbola Neymar. Hal ini tentu menjadi pengingat bahwa tak ada yang kebal terhadap virus Corona.

Robert Pattinson yang didapuk menjadi Bruce Wayne dalam film terbarunya The Batman tentu dituntut punya badan yang atletis. Bahkan ia rutin melakukan latihan kardio dan jogging sejauh 5-10 km setiap harinya.

Lantas, apa ya alasan orang yang sehat bugar juga bisa terinfeksi virus Corona?

"Itu bisa dikatakan olahraganya terlalu berat, sehingga imunitas tubuhnya turun," ujar Praktisi kesehatan olahraga dari Slim and Health Sports Therapy, dr Michael Triangto SpKO, kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Mereka yang berolahraga rutin pun tak selalu memiliki imunitas yang tinggi. Terlebih para aktor atau atlet, mereka memiliki target yang harus dipenuhi sehingga bisa saja hal tersebut menjadi faktor penurun imunitas mereka.

Pola latihan seseorang berdampak pada risiko mereka terinfeksi COVID-19. Seperti yang diketahui, virus Corona menyasar sistem kekebalan tubuh. Semakin tinggi intensitas olahraga seseorang, maka semakin besar pula risiko daya tahan tubuh mereka turun sehingga membuat seseorang mudah terkena COVID-19.

"Kalau kita berolahraga berat, kemungkinan kita terinfeksi lebih besar daripada orang yang tidak berolahraga sama sekali. banyak orang yang berpikir lebih banyuak berolagraga akan semakin sehat...Tidak berolahraga tentu tidak sehat, tapi olahraga berlebihan juga tidak sehat," jelas dr Michael.



Simak Video "Penularan Corona di Pesawat Sangat Rendah Ketimbang Kesambar Petir"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)