Sabtu, 05 Sep 2020 17:46 WIB

Reza Artamevia Tersandung Sabu, Kenali Berbagai Efek Narkoba Jenis Ini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Reza Artamevia saat ditemui di kawasan Senopati. Reza Artamevia diamankan polisi beserta barang bukti berupa sabu. (Foto: Ismail/detikFoto)
Jakarta -

Penyanyi Indonesia Reza Artamevia diamankan pihak kepolisian beserta barang bukti berupa sabu, meski tidak disebutkan jumlahnya. Saat ini, Reza tengah diperiksa secara intensif di Polda Metro Jaya.

Sabu atau kristal methamphetamine adalah golongan obat stimulan yang digunakan untuk membangkitkan stamina dan mood seseorang. Jenis narkoba yang cukup populer ini bisa membuat orang tidak pernah merasa lelah hingga ketagihan atau adiktif.

Dikutip dari Addiction Center, methamphetamine atau sabu bisa sangat berpengaruh pada otak dan tubuh si penggunanya. Saat sabu masuk ke dalam tubuh, bahan kimia yang disebut dopamin akan memenuhi bagian-bagian otak yang mengatur perasaan senang, yang membuat penggunanya merasa energik dan percaya diri.

Namun, sabu ini tentunya membuat orang menggunakannya menjadi ketagihan dan ketergantungan terhadap obat itu. Jika efek sabu pada orang yang mengkonsumsinya habis, orang itu bisa mudah marah bahkan depresi.

Berikut beberapa efek dari penggunaan sabu, yaitu:

  • Hiperaktif
  • Paranoia
  • Gerakan tersentak-sentak
  • Luka pada kulit
  • Kedutan
  • Nafsu makan menurun
  • Berat badan menurun drastis
  • Gigi membusuk

Selain itu, adapun efek lain yang disebabkan sabu yaitu 'tweaking' atau periode kecemasan dan insomnia yang bisa terjadi selama 3-15 hari. Tweaking ini terjadi pada akhir pesta narkoba, saat pengguna sabu tidak bisa 'nge-fly' lagi.

Hal ini bisa menyebabkan munculnya efek samping psikologis, seperti mudah marah, paranoia, sampai kebingungan karena putus asa untuk menggunakannya lagi. Tweaking akibat sabu ini juga membuat orang mengalami halusinasi, sehingga sangat rentan terhadap perilaku kekerasan.

Tonton juga: 'Polisi Sita Sabu Saat Amankan Reza Artamevia'

[Gambas:Video 20detik]



(sao/up)