Senin, 07 Sep 2020 20:00 WIB

3 Gejala Baru COVID-19 yang Dialami Anak-anak, Salah Satunya Sakit Perut

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Taman kanak-kanak Wat Khlong Toey di Thailand sangat ketat menerapkan protokol kesehatan. Bahkan, anak-anak sampai disekat kotak plastik. Anak juga bisa alami gejala parah COVID-19. (Foto: Getty Images/Lauren DeCicca)
Jakarta -

Ada tiga gejala baru yang diidentifikasi sering dialami anak-anak yang terinfeksi virus Corona. Para ilmuwan di Universitas Belfast, Irlandia Utara, menyebutkan tiga gejala tersebut yaitu diare, sakit perut, dan muntah.

Meski banyak dialami anak-anak, pihak layanan kesehatan Inggris (NHS) masih enggan menyebut secara resmi ketiganya sebagai gejala, karena takut membuat para orang tua khawatir. Saat ini, daftar gejala COVID-19 yang resmi dari NHS yaitu demam, batuk, dan juga kehilangan indra penciuman serta perasa.

Menurut Dr Tom Waterfield dari Universitas Belfast, memasukkan gejala diare, muntah, dan sakit perut ke dalam daftar gejala COVID-19 yang resmi bisa dipertimbangkan. Ini karena gejala tersebut bisa saja berpotensi membahayakan anak-anak.

"Kami menemukan bahwa diare dan muntah adalah gejala yang dilaporkan oleh beberapa anak, dan saya pikir menambahkannya ke daftar gejala yang di kini diketahui perlu dipertimbangkan," kata Dr Waterfield yang dikutip dari Daily Star, Senin (7/9/2020).

Untuk membuktikannya, Belfast melihat 1.000 anak dengan usia rata-rata 10 tahun. Mereka diuji darahnya untuk mengidentifikasi apakah mereka terinfeksi COVID-19. Hasil yang didapatkan, 68 anak memiliki antibodi dengan demam yang paling umum.

Namun, sebanyak 50 persen dari mereka ternyata positif terinfeksi Corona tanpa menunjukkan adanya gejala. Sementara 13 anak mengatakan mereka mengalami diare, muntah, dan juga sakit perut.

"Studi ini menunjukkan bahwa sekitar setengah dari anak-anak tidak menunjukkan gejala saat terinfeksi virus Corona, dan bahwa strategi pengujian yang dijalani Inggris saat ini akan gagal untuk mendiagnosis sebagian besar infeksi pada anak," jelasnya.



Simak Video "Mata Pink Mike Pence Jadi Trending Usai Debat Cawapres AS"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)