Rabu, 09 Sep 2020 19:00 WIB

Studi Baru Perkuat Bukti Corona Bertahan Seminggu di Ikan Salmon

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ikan Salmon di Beijing Ilustrasi ikan salmon beku. (Foto: Global Times/AFP)
Jakarta -

Peneliti di China mengungkapkan virus Corona bisa bertahan pada salmon beku selama lebih dari seminggu. Hal ini dibuktikan setelah ikan impor diselidiki sebagai sumber infeksi yang potensial.

Para peneliti di Universitas Pertanian China Selatan dan Akademi Ilmu Pertanian Guangdong di Guangzhou, menemukan virus Corona dari sampel ikan salmon beku, disebut bisa bertahan selama delapan hari pada suhu 4 derajat Celcius.

Sebelumnya sejak Juni lalu, para peneliti menemukan jejak patogen pada kemasan dan makanan. Otoritas China akhirnya terus menyelidiki daging impor karena beberapa sampel makanan beku mereka disebut sebagai sumber penularan.

Dari 500.000 lebih sampel yang diuji, enam di antaranya positif mengandung virus Corona.

"Ikan yang terkontaminasi SARS-CoV-2 dari satu negara bisa dengan mudah diangkut ke negara lain dalam waktu satu minggu, sehingga bisa menjadi salah satu sumber penularan virus Corona COVID-19," kata para peneliti yang dikutip dari Bloomberg, Rabu (9/9/2020).

Mereka juga mengarahkan agar selama pengiriman, ikan-ikan tersebut disimpan dengan suhu 0 sampai -4 derajat Celcius.

Untuk mencegah kontaminasi semakin meluas, pemerintah memperkuat kerja sama dengan negara pengekspor daging. Hingga Senin (7/9/2020), China sudah berhasil menghentikan impor dari 56 perusahaan di 19 negara setelah karyawan di perusahaan tersebut terinfeksi.



Simak Video "Satgas Sebut Banyak Orang Masih Tak Percaya Bahaya Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)