Rabu, 09 Sep 2020 14:33 WIB

Alert! RS Jakarta Diprediksi Tak Sanggup Tahan Laju Corona Sampai Desember

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi di rumah sakit (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, dr Widyastuti, menyebut laju penularan virus Corona COVID-19 saat ini luar biasa cepat. Kapasitas rumah sakit (RS) akan terus ditingkatkan untuk menghadapi bertambahnya pasien, namun Dinkes DKI Jakarta memprediksi ini tidak bisa bertahan lama.

dr Widyastuti menjelaskan bahwa pihaknya sudah membuat perhitungan dengan memperhatikan data penambahan kasus Corona dan pasien sembuh harian. Disebutkan bahwa tanpa ada intervensi lebih ketat lagi, maka tidak menutup kemungkinan kapasitas RS akan penuh terisi sampai 100 persen.

"Memang benar kalau tanpa intervensi tidak akan cukup. perlu intervensi yang lebih masif dan besar," kata dr Widyastuti dalam seminar online, Rabu (9/9/2020).

"Kami membuat angka prediksi, sampai Desember tidak akan cukup," lanjutnya.

Saat ini DKI Jakarta berencana untuk menambah lagi sekitar 5.500 tempat tidur dengan membuka RS Umum Daerah dan RS Swasta. Hanya saja menurut dr Widyastuti ini cukup sulit karena peningkatan kapasitas tidak cukup hanya dengan menambah tempat tidur, tapi juga sumber dayanya.

Dinkes DKI Jakarta mendukung diterapkannya kembali PSBB yang lebih ketat dengan berkoordinasi dengan daerah lain.

"Kalau hanya Jakarta (PSBB -red) tentunya kurang. perlu lebih tegas dari pihak tim pusat mengatur Jakarta dan sekitarnya," pungkas dr Widyastuti.



Simak Video "DKI Jakarta Peringkat 47 Kota Respons Covid-19 Terbaik Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)