Sabtu, 12 Sep 2020 07:00 WIB

Disebut Bisa Atasi Sesak Napas, Proning Position Aman Dilakukan?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Doctor shows results to old patient x-ray of the lungs, smoking cigarettes problem Sesak napas (Foto: iStock)
Jakarta -

Viral sebuah video tentang metode proning position atau posisi tengkurap untuk mengatasi sesak napas pada pasien virus Corona COVID-19. Video ini dibagikan oleh Ahmad Rifai, dokter asal Bay County, Florida, lewat akun Facebook miliknya.

Rifai menyebut metode ini bisa membantu mengeluarkan cairan yang terkumpul di dalam paru-paru, sehingga pasien dapat bernapas kembali dengan optimal.

Apakah proning position bisa dilakukan sehari-hari untuk mengatasi sesak napas?

Menurut ahli paru dari RS Persahabatan, dr Diah Handayani, SpP, proning position bisa dilakukan sehari-hari di rumah. Namun, metode ini hanya bekerja untuk mengatasi sesak napas dan bukan mencegahnya.

"Bisa saja, tapi bukan berarti kita nggak kenapa-napa terus mencegah dari sesuatu, tidak. Cuman pada orang yang memiliki masalah pada paru, seperti pneumonia dan lainnya itu membantu," kata dr Diah, saat dihubungi, Jumat (11/9/2020).

dr Diah juga menjelaskan, semakin lama proning position dilakukan, maka pernapasan juga akan semakin membaik dan rasa sesak napas menjadi hilang. Meski begitu, ia menyarankan untuk tidak melakukan metode ini sendirian dan harus ada yang mengawasi.

"Kita harus memantau responsnya, dia justru merasa lebih nyaman atau kadang-kadang merasa lebih berat, karena lagi numpuk dahak. Jadi memang harus dalam pemantauan ya," tuturnya.



Simak Video "WHO Sebut Pandemi Corona Tahun Kedua Lebih Buruk"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)