Senin, 14 Sep 2020 08:55 WIB

Penusuk Syekh Ali Jaber akan Tes Kejiwaan, Ini Ciri-ciri Gangguan Jiwa

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Syekh Ali Jaber Syekh Ali Jaber menjadi korban penusukan (Foto: Tangkapan layar YouTube BNPB)
Jakarta -

Pedakwah Syekh Ali Jaber menjadi korban penusukan orang tak dikenal saat mengisi acara di Lampung. Kini pelaku berinisial AA (24) telah ditangkap polisi dan akan diperiksa kondisi kejiwaannya.

"Tim penyidik berkeinginan untuk meminta keterangan dari pada saksi ahli, dalam hal ini mungkin rumah sakit jiwa di Provinsi Lampung di daerah Pesawaran," ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arstad saat dihubungi, Minggu (13/9/2020).

Pandra menjelaskan, pelaku penusukan selalu memberikan keterangan yang berubah-ubah pada saat pemeriksaan, sehingga perlu pemeriksaan lebih mendalam.

"Yang bisa memberikan keterangan dia sakit jiwa atau tidak itu adalah ahli, harus ada tahapan pemeriksaan," jelasnya.

Bagaimana ciri-ciri seseorang mengalami gangguan jiwa? Ada berbagai jenis gangguan jiwa, masing-masing punya sifat yang juga berbeda-beda. Namun secara umum, seseorang bisa dicurigai punya gangguan kejiwaan jika menunjukkan tanda-tanda tertentu.

Menurut The American Psychological Association (APA), beberapa tanda yang menunjukkan seseorang mungkin mengalami gangguan jiwa adalah sebagai berikut.

1. Perubahan kepribadian

Jika seseorang bertingkah sangat berbeda dan tidak seperti dirinya sendiri, ini bisa menjadi salah satu tanda gangguan jiwa.

2. Perubahan suasana hati yang tidak biasa

Perubahan emosi yang parah adalah peringatan yang wajib diwaspadai, terutama jika terjadi secara terus-menerus.

3. Menarik diri dari kehidupan sosial

Jika seseorang menutup diri dari lingkungan sosialnya atau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menyendiri, ini juga bisa menjadi salah satu pertanda adanya masalah kesehatan emosional atau mental.

4. Melakukan perilaku berisiko

Orang-orang dengan gangguan jiwa cenderung tidak peduli pada kesehatan dan keselamatan dirinya sendiri atau orang lain. Tak hanya itu, mereka juga mungkin menjadi tidak memperhatikan kebersihan diri dan penampilannya.

Penderita gangguan jiwa juga rentan mengalami berbagai masalah perilaku. Misalnya, kecanduan alkohol, narkoba, bahkan percobaan bunuh diri.

5. Rasa putus asa

Orang-orang dengan gangguan jiwa kerap kali merasa mudah menyerah, putus asa, dan tidak semangat dalam menjalani hidup.

Meski begitu, beberapa tanda ini tidak bisa langsung serta merta mencirikan secara pasti orang tersebut mengalami gangguan jiwa. Oleh karena itu, perlu pemeriksaan lebih lanjut dan mendalam oleh dokter.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)