Senin, 14 Sep 2020 13:37 WIB

Bakal Ada 5.293 Tempat Tidur, Menkes: DKI Masih Mampu Rawat Pasien COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto hadiri rapat kerja perdana bersama Komisi IX DPR. Rapat kerja tersebut membahas mengenai kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyebut DKI Jakarta masih mempunyai kapasitas ruangan tempat perawatan yang cukup untuk pasien COVID-19. Hal ini ia sampaikan dalam Keterangan Pers Menteri Kesehatan yang disiarkan Sekretariat Presiden, Senin (14/9/2020).

"Khusus untuk DKI Jakarta, berdasarkan pengamatan langsung per 13 September, dapat kami sampaikan DKI Jakarta masih mampu melakukan perawatan pasien COVID-19," ujar Menkes.

Dalam keterangannya, Menkes menyebut untuk pasien COVID-19 bergejala sedang, masih terdapat ruang isolasi pasien yang kosong sebanyak 1.088 tempat tidur dari total 4.271 tempat tidur.

"Dalam beberapa hari ke depan, akan ditambah 1.022 tempat tidur sehingga total jadi 5.293 tempat tidur," sebutnya.

Selain itu, bagi pasien COVID-19 bergejala berat yang harus dirawat di ICU, Menkes mengatakan masih ada sebanyak 115 tempat tidur di ICU dari total 584. Dalam beberapa hari ke depan, kapasitas ICU di DKI Jakarta akan ditambah sebanyak 138 ICU.

Bagi pasien COVID-19 bergejala ringan dan sedang di DKI Jakarta, Menkes menyebut 4 tower telah disediakan di RS Darurat Wisma Atlet. Selain itu disiapkan juga ruang isolasi mandiri di 15 hotel di DKI Jakarta dengan kapasita 1500 kamar atau 3000 orang.

"Jumlah hotel ini dapat ditambah jika diperlukan. Di samping itu, hotel-hotel tersebut siap membantu pemerintah bila memerlukan (ruang) isolasi di luar Jakarta," ungkapnya.



Simak Video "Sering Dipertanyakan, Ini Lho Mandat Jokowi untuk Terawan Atasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)