Senin, 14 Sep 2020 14:00 WIB

Menkes Terawan Sebut Ada 16.286 Relawan Nakes untuk Tangani COVID-19

Ayunda Septiani - detikHealth
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyebut ada 72 kasus hepatitis A di Depok, Jawa Barat. Tiga orang di antaranya dirawat inap di rumah sakit. Menken Terawan sebut ada 16.286 relawan nakes untuk tangani pasien COVID-19. (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyebut total ada 16.286 relawan tenaga kesehatan yang tersebar di rumah sakit untuk COVID-19 dan laboratorium. Hal ini ia sampaikan dalam Keterangan Pers Menteri Kesehatan yang disiarkan Sekretariat Presiden, Senin (14/9/2020).

"Seperti yang diketahui, total relawan tenaga kesehatan nusantara sehat dan internship yang sudah ditempatkan ada sebanyak 16.286 orang tersebar di rumah sakit COVID-19 dan laboratorium sarana kesehatan untuk melayani terkait COVID-19," beber Menkes.

Dalam keterangannya, Menkes menyebut masih ada sekitar 3.500 dokter internship, 800 tenaga kesehatan nusantara sehat dan tenaga relawan sebanyak 685 orang. Di sini termasuk di dalamnya ada dokter spesialis paru, anestesi, penyakit dalam, dan perawat yang siap membantu bila ada penambahan tenaga yang dibutuhkan.

Selain itu, Menkes juga meminta untuk masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

"Kami mohon untuk selalu patuh pada protokol kesehatan, mohon partisipasinya dari semua pihak terutama di level kelurahan, desa, RT dan RT untuk menjaga kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menkes juga menyinggung soal ketersedian tempat tidur di rumah sakit rujukan pasien COVID-19. Di DKI Jakarta, Menkes menyebut pemerintah telah menyiapkan dua tower ruang isolasi untuk pasien COVID-19 bergejala ringan atau tanpa gejala dengan kapasitas 4.218 tempat tidur.



Simak Video "Sering Dipertanyakan, Ini Lho Mandat Jokowi untuk Terawan Atasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)