Selasa, 15 Sep 2020 09:20 WIB

Viral Maba Dibentak karena Tak Pakai Ikat Pinggang, Netizen Tanya Esensinya

Firdaus Anwar - detikHealth
Divers group of high school of college graduates smiling during the graduation ceremony. They are standing in a row. Mahasiswa kuliah online. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Di media sosial viral cuplikan video yang diduga ospek virtual salah satu kampus di Surabaya. Para mahasiswa baru (maba) di dalam video tampak dibentak-bentak oleh seniornya karena tidak memakai ikat pinggang.

"Enggak dibaca tata tertibnya?" ujar seorang wanita dalam video.

Video ospek ini kemudian jadi perbincangan di media sosial. Ada yang mengkritik mengapa ospek yang sudah virtual masih mempermasalahkan hal sepele, ada juga yang mendukung karena alasan demi melatih disiplin dan mental para mahasiswa baru.

"Emang marah-marah gini ngerubah seseorang jadi lebih baik? Ilangin deh cara ngedidik yang strict kayak gini. Bedain mana yang tegas mana yang cuma ninggiin suara. Respect buat mas-mas yang masih nanya alasan dulu sebelum ngegas sama kamu yang langsung minta maaf karena salah," komentar satu pengguna Twitter.

"... Setuju enggak setuju itu pilihan. Anda besok akan turun di tengah masyarakat, langsung diospek dengan kehidupan. Salam jiwa lemah," komentar pengguna lainnya.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Dra Ratna Djuwita, Dipl. Psych, berkomentar ospek seharusnya bertujuan membantu mahasiswa baru mengenali budaya kampus. Ospek dengan cara membentak-bentak dengan alasan melatih disiplin tidak akan terlalu membantu aktivitas kuliah nantinya.

"Orientasi itu misalnya kalau mau nyari buku di perpustakaan bagaimana sih. Itu kan beda banget dari masa SMA," ungkap Ratna pada detikcom, Selasa (15/9/2020).

"Kalau soal harus pakai ikat pinggang sebagainya apakah itu menjadi penting ketika kuliah? Sering kali ditanyakan apakah mahasiswa senior, kalau kuliah disiplin enggak waktu datang ke kelas? disiplin nggak waktu mengerjakan tugas?" lanjutnya.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)