Selasa, 15 Sep 2020 14:03 WIB

Menkes Terawan Ingatkan Tenaga Kesehatan Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes Terawan Agus Putranto Menkes RI Terawan Agus Putranto (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyampaikan duka yang mendalam atas gugurnya tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan penanganan pandemi COVID-19. Dalam sambutannya, Menkes Terawan menyampaikan semua orang bisa terpapar virus Corona, terutama para tenaga medis yang sehari-hari menangani langsung pasien COVID-19.

"Saat ini masih banyak sekali teman, rekan-rekan sejawat tenaga kesehatan yang sakit atau meninggal karena terpapar atau tertular saat menangani COVID-19," ujar Menkes dalam agenda Doa Perawat untuk Negeri di siaran Youtube BNPB, Selasa (15/9/2020).

Menkes Terawan juga menyinggung soal tingginya risiko yang dihadapi tenaga medis hingga bertaruh nyawa untuk menyelamatkan pasien COVID-19. Untuk itu, agar tidak terpapar dan terinfeksi, Menkes berharap tenaga medis tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Setiap tindakan, mulai dari penjemputan pasien, penerimaan di UGD, pelaksanaan tindakan seperti perawatan sampai pelepasan pasien, para tenaga medis diharapkan selalu mempraktikkan protokol kesehatan.

"Juga setelah selesai melakukan pemeriksaan atau tindakan seperti saat berkumpul dengan para sejawat atau pada saat beristirahat dan makan harus tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan," ucap Menkes.

Pada kesempatan tersebut, Menkes Terawan juga mengungkap jumlah perawat yang gugur akibat COVID-19 yang mayoritas berada di Jawa Timur.

"Rasa duka cita mendalam saya sampaikan atas gugurnya 48 perawat dalam perjuangannya memberikan pelayanan pada pasien untuk melawan COVID-19 ini," sebutnya.



Simak Video "Menkes Ungkap Alasan Ubah Istilah PDP-ODP Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)