Kamis, 17 Sep 2020 10:48 WIB

Direktur CDC Sebut Masker Bisa Lebih Efektif Cegah Corona daripada Vaksin

Firdaus Anwar - detikHealth
Virus Corona telah menewaskan hampir 50 ribu orang di AS. Dalam sehari, angka kematian baru pasien Corona (COVID-19) mencapai 3.176 orang. CDC menyebut masker lebih efektif mencegah penularan virus Corona daripada vaksin. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Robert Redfield, menjelaskan bahwa masker bisa jadi lebih efektif dalam mencegah COVID-19 daripada vaksin. Hal ini ia utarakan saat mendapat pertanyaan soal kebiasaan Presiden Donald Trump yang tidak memakai masker.

"Saya tidak mengomentari langsung presiden, tapi sebagai direktur CDC saya bisa bilang masker ini adalah alat kesehatan publik paling kuat yang kita miliki saat ini," kata Robert seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (17/9/2020).

Robert berpendapat bahwa masker bisa jadi lebih efektif daripada vaksin karena bisa bekerja untuk seluruh individu. Sementara vaksin mungkin bisa tidak menimbulkan respons imun yang diharapkan pada semua orang.

"Masker ini pertahanan terbaik kita," kata Robert.

"Mungkin bisa dibilang masker lebih bisa melindungi terhadap COVID, daripada bila saya mendapat vaksin karena imunogenisitasnya hanya sekitar 70 persen. Bila saya tidak mendapat respons imun yang diharapkan, maka vaksin tidak akan melindungi saya. Masker yang akan melindungi," lanjutnya.

Tonton video "CDC Sebut Masker Lebih Efektif daripada Vaksin Corona"

[Gambas:Video 20detik]




(fds/fds)