Minggu, 20 Sep 2020 13:31 WIB

Satgas COVID-19: 7 Persen Pasien Corona di Wisma Atlet Tak Pernah Keluar Rumah

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sempat ramai menjadi pembicaraan di sosial media, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet penuh. Hal itu terlihat dengan nyala lampu yang mneyinari hampir keseluruh ruangnya. RSD Wisma Atlet Kemayoran. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyebutkan, 7 persen dari seluruh pasien Corona yang dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran adalah mereka yang tidak pernah keluar rumah.

Lebih lanjut, Doni mengatakan hal ini membuktikan bahwa beraktivitas di rumah saja tidak menjamin seseorang aman dari penularan COVID-19.

"Program-program di rumah saja ternyata tidak menjamin seseorang tidak terpapar COVID-19. Apa buktinya? 7 persen pasien yang sekarang dirawat di rumah sakit Wisma Atlet adalah mereka yang tidak pernah keluar rumah," ungkapnya dalam sebuah Webinar, Sabtu (19/9/2020).

Menurut Doni, hal ini bisa disebabkan karena adanya anggota keluarga yang rutin melakukan aktivitas di luar rumah. Tanpa sadar dirinya membawa virus COVID-19 sehingga menimbulkan penularan.

"Kalau di rumah itu ada orang-orang atau keluarga yang secara rutin mengikuti aktivitas di luar rumah, ketika kembali bisa menjadi carrier, menjadi pembawa virus, pembawa COVID, bisa menulari juga," jelasnya.

Maka dari itu, Doni menekankan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan di mana pun berada, sehingga risiko penularan COVID-19 bisa dihindarkan.



Simak Video "Ahli Buktikan Remdesivir Percepat Kesembuhan Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)