Senin, 21 Sep 2020 19:00 WIB

Catat! Standar Masker Kain Menurut WHO untuk Lawan COVID-19

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Masker Kain Catat, ini standar masker kain menurut WHO. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Masker scuba dan buff kini dilarang digunakan karena dinilai tidak efektif mencegah penularan Corona. Pasalnya, selama ini masker berbahan scuba dan buff banyak digunakan oleh masyarakat karena lebih nyaman dibandingkan masker jenis lainnya. Masker scuba dilarang dipakai karena efektivitasnya hanya berkisar antara 0-5 persen.

Hal ini sangat jauh jika dibandingkan dengan masker kain lainnya yang memiliki efektivitas menyaring partikel di udara cukup tinggi yaitu 50-70 persen. Maka dari itu, penggunaan masker scuba dan buff dilarang digunakan terutama di ruang publik karena rentan dan berisiko tinggi penularan COVID-19.

Dikutip dari CNBC, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menentukan standar masker kain yang efektif untuk mencegah Corona. Seseorang harus menggunakan masker kain dengan tiga lapis. Lapisan terdalamnya menggunakan bahan hidrofilik, seperti katun atau campuran katun.

Sedangkan untuk lapisan tengahnya terbuat dari bahan hidrofobik dari bahan tenun sintesis yang bertujuan untuk melakukan filtrasi dan menahan droplet. Sedangkan lapisan terluarnya terbuat dari bahan hidrofobik seperti polipropilen, poliester, atau campuran keduanya.

Nah, sekarang sudah tahu kan masker kain apa yang bisa kalian gunakan sehari-hari?



Simak Video "Masker Buff dan Scuba Tak Disarankan Dipakai di KRL, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)