Selasa, 22 Sep 2020 09:30 WIB

Dianggap Gagal Kendalikan Corona, Menkes Ceko Mundur

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menteri Kesehatan Ceko Adam Vojtech mengundurkan diri dari jabatannya setelah merasa gagal menghalau gelombang kedua di negara itu. Ceko kini memiliki 49.290 orang terinfeksi dengan 503 kematian. Menteri Kesehatan Ceko mengundurkan diri. (Foto: Screenshoot AFP)
Jakarta -

Menteri KesehatanCeko, Adam Vojtech secara tak terduga mengumumkan pengunduran dirinya. Disebutkan bahwa alasan terbesar pengunduran dirinya diakibatkan karena banyaknya kritikan terhadapnya atas kasus COVID-19 di Ceko yang terus naik.

Vojtěch telah digantikan oleh mantan asistennya yang juga ahli epidemiologi, Roman Prymula.

"Banyak hal yang berubah dalam tiga tahun ini. Saya ingin berterima kasih kepada Perdana Menteri atas kepercayaan yang telah dia berikan kepada saya dan karena telah mempercayakan saya dalam menangani (wabah COVID-19) ini," kata Vojtech dalam konferensi pers dikutip dari Expats Cz.

Vojtěch mengatakan bahwa dia telah melakukan yang terbaik untuk mengelola epidemi COVID-19 di Republik Ceko, dan dia bangga dengan perubahan dalam perawatan kesehatan yang telah terjadi selama dia menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

Lonjakan kasus di Republik Ceko telah menjadi yang tercepat kedua di Eropa dalam dua minggu. Terlebih, sebelum dimulainya musim panas, pemerintah Ceko mencabut hampir semua pembatasan yang diberlakukan selama gelombang pertama pandemi.

Jumlah infeksi meningkat dua kali lipat bulan ini dan tumbuh pada tingkat tercepat kedua di Eropa dalam beberapa pekan terakhir, di belakang Spanyol. Pada hari Senin (21/9), total kasus meningkat melewati 50.000, naik dua kali lipat dari 24.618 pada akhir Agustus.



Simak Video "Sering Dipertanyakan, Ini Lho Mandat Jokowi untuk Terawan Atasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)