Kamis, 24 Sep 2020 11:35 WIB

Mantan Pria Terberat Sedunia Berhasil Sembuh dari COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
pria terberat di dunia Mantan pria terberat di dunia sembuh dari COVID-19. (Foto: CNN)
Jakarta -

Juan Pedro Franco (36) dari Meksiko dikabarkan terinfeksi virus Corona COVID-19. Pria yang sempat disebut sebagai pria terberat sedunia pada tahun 2017 ini berjuang melawan COVID-19 hingga akhirnya bisa sembuh.

Berbicara pada AFP, Franco mengaku gejala yang ia alami cukup berat karena tubuhnya sudah harus melawan berbagai kondisi. Dengan bobot badan yang dulu sempat mencapai 595 kilogram, Franco memiliki riwayat kondisi penyerta diabetes, hipertensi, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

"COVID-19 ini penyakit yang sangat agresif. Saya mengalami sakit kepala, nyeri di seluruh badan, sulit bernapas, demam. Saya termasuk orang yang sangat berisiko," kata Franco seperti dikutip dari France 24, Kamis (24/9/2020).

Franco percaya upayanya menjaga kesehatan dan berat badan lewat diet, olahraga, dan operasi telah membantunya bisa bertahan hidup. Karena tanpa upaya itu maka kondisi diabetes serta hipertensi yang tidak terkendali mungkin akan memperparah gejala infeksi COVID-19.

"Pasien yang diabetik, punya hipertensi, dan penyakit jantung lebih rentan mengalami komplikasi serius karena virus... Kemungkinannya bisa bertahan hidup minim," komentar Jose Antonio Castaneda, salah satu dokter yang menangani Franco.



Simak Video "Mari Lakukan Protokol Kesehatan untuk Membantu Sesama"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)