Kamis, 24 Sep 2020 14:30 WIB

'Resep' Redakan Gejala Gangguan Indra Penciuman pada Pasien COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation Gejala gangguan indra penciuman dan perasa bisa diatasi dengan minyak atsiri. (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak pasien yang mengalami gejala COVID-19 seperti gangguan pada indra penciuman dan perasa. Bahkan sebuah studi yang mempelajari pasien virus Corona COVID-19 di Italia menunjukkan anosmia atau hilangnya kemampuan indra penciuman dan perasa menjadi gejala virus Corona yang paling khas ditemukan.

Prof Dr Kerry Lestari Dandan, Apt, MSi, Wakil Ketua Bidang Apoteker Advance dan Spesialis PP Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) menjelaskan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala COVID-19 seperti gangguan pada indra penciuman dan perasa. Hal ini bisa diatasi dengan minyak atsiri. Seperti apa khasiatnya?

"Adanya gangguan indra penciuman dari beberapa pasien COVID-19 ini tentu membuat kualitas hidupnya berkurang. Bagaimana sih kalau kita makan nggak kecium aromanya, itu rasanya hambar, nah itu kita juga ada terapi dengan menggunakan minyak atsiri," jelas Prof Kerry dalam siaran pers BNPB melalui kanal YouTube Kamis (24/9/2020).

Prof Kerry menjelaskan, minyak atsiri seperti salah satunya minyak kayu putih bisa efektif menangani gejala COVID-19 seperti gangguan indra penciuman dan perasa.

"Itu juga ada terapi dengan menggunakan minyak atsiri nah ini kan banyak di Indonesia, ada minyak kayu putih, minyak pala, itu bisa kita hirup supaya itu menjadi wangi-wangian yang sangat kuat, dan itu akan lama-lama mengembalikan indra penciumannya itu sendiri," lanjutnya.



Simak Video "Terapi untuk Atasi Gangguan Indra Penciuman pada Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)