Jumat, 25 Sep 2020 05:05 WIB

Sakit Kepala Sebelah Kanan, Ini Sebab dan Jenisnya

Tim detikcom - detikHealth
sakit kepala sebelah kanan Sakit Kepala Sebelah Kanan, Ini Sebab dan Jenisnya (Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra/)
Jakarta -

Sakit kepala merupakan jenis penyakit yang paling umum ditemui termasuk sakit kepala bagian kanan saja. Sakit kepala sebelah kanan ini bisa disertai gejala lain, termasuk kelelahan, mual, dan gangguan penglihatan.


Dilansir medicalnewstoday, penyebab sakit kepala sebelah kanan disebabkan oleh:

1. Masalah neurologis:

-Neuralgia oksipital: Ini terjadi ketika saraf yang mengalir dari bagian atas sumsum tulang belakang ke kulit kepala (saraf oksipital) rusak atau meradang. Gejala berupa nyeri tajam di bagian belakang kepala dan leher, nyeri di belakang mata, dan kepekaan terhadap cahaya.
-Arteritis temporal: Arteri di kepala dan leher meradang dengan arteritis temporal. Bersamaan dengan nyeri otot, itu menyebabkan sakit kepala parah di bagian samping kepala. Gejala lain termasuk kelelahan dan nyeri rahang.
-Neuralgia trigeminal: Ini menyebabkan nyeri hebat di wajah dan kepala. Rasa sakit biasanya hanya menyerang satu sisi pada satu waktu. Ini disebabkan oleh gangguan pada saraf trigeminal di dasar otak.

2. Penggunaan obat

Sakit kepala sebelah kanan dapat terjadi sebagai efek samping dari resep atau obat bebas. Mereka juga dapat disebabkan oleh penggunaan obat yang berlebihan, termasuk obat penghilang rasa sakit seperti:

-acetaminophen
-aspirin
-ibuprofen

Jenis sakit kepala sebelah kanan karena obat ini disebut sakit kepala rebound. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hal itu adalah jenis gangguan sakit kepala sekunder yang paling umum. Sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang disebabkan oleh kondisi lain.

Sakit kepala yang disebabkan oleh penggunaan obat yang berlebihan sering kali menjadi yang terburuk saat bangun tidur.

3. Penyebab sakit kepala sebelah kanan lainnya

Penyebab sakit kepala lainnya dapat menyebabkan nyeri di seluruh kepala atau hanya di satu sisi. Seperti:

-alergi
-aneurisma, dinding arteri yang lemah atau menonjol
-kelelahan
-cedera kepala
-infeksi, termasuk infeksi sinus
-fluktuasi kadar gula darah yang disebabkan oleh tidak makan
-ketegangan otot atau simpul di leher
-tumor

Jenis sakit kepala apa yang memengaruhi sakit kepala sebelah kanan?

Ada lebih dari 300 jenis sakit kepala, sekitar 90 persen di antaranya tidak diketahui penyebabnya. Namun, migrain, sakit kepala cluster adalah penyebab yang paling mungkin dari sakit kepala sebelah kanan.

a. Migrain

Migrain sering kali disertai dengan kepekaan terhadap cahaya dan suara. Genetika dianggap berperan dalam sakit kepala migrain. Migrain adalah sejenis sakit kepala parah yang menyebabkan nyeri berdenyut di kepala.

Sensasi atau denyutan yang parah biasanya disertai dengan:

-penglihatan kabur
-mual
-kepekaan terhadap cahaya
-kepekaan terhadap suara
-muntah

Hampir sepertiga orang yang mengalami migrain mengalami gangguan penglihatan atau kehilangan penglihatan sementara sebelum timbulnya rasa sakit. Gejala dapat berlangsung hingga 72 jam jika tidak diobati, dengan rasa sakit biasanya hanya menyerang satu sisi kepala.

Faktor-faktor berikut dapat memicu migrain:

-cahaya terang
-perubahan cuaca (kelembaban, panas, tekanan)
-stres atau kecemasan emosional
-makanan dan minuman, seperti alkohol, coklat, keju, dan daging yang diawetkan
-perubahan hormonal pada wanita
-suara keras
-melewatkan makan
-kelelahan
-terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur

Perawatan dini adalah kunci untuk mengurangi parahnya gejala migrain. Perawatan termasuk obat atau resep. Pencegahan melibatkan menghindari pemicu dan menggunakan obat pencegahan, dalam beberapa kasus.

b. Sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster jarang terjadi tetapi bisa parah terjadi dalam pola siklus. Rasa sakitnya sangat kuat dan biasanya terletak di sekitar satu mata. Ini juga dapat menyebar ke area lain di kepala dan wajah, serta leher dan bahu.

Orang biasanya mengalami serangan sakit kepala cluster selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelum periode remisi.

Gejala sakit kepala cluster lainnya meliputi:

-wajah berkeringat
-kulit pucat atau memerah
-mata merah atau berair
-kegelisahan
-hidung tersumbat atau meler
-bengkak di sekitar mata yang terkena

Pria cenderung mengalami sakit kepala cluster lebih sering daripada wanita. Penyebab pastinya tidak diketahui, tetapi merokok, penggunaan alkohol, dan riwayat sakit kepala cluster dalam keluarga dapat meningkatkan risiko.

Tidak ada obat untuk kondisi tersebut, meskipun perawatan dapat mengurangi jumlah dan tingkat keparahan sakit kepala cluster.


c. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang adalah jenis sakit kepala yang paling umum, terjadi pada 75 persen orang. Penyakit itu biasanya memengaruhi kedua sisi kepala, tetapi beberapa orang mungkin memiliki gejala hanya di satu sisi.

Tanda-tandanya meliputi:

-nyeri kulit kepala
-otot bahu dan leher yang lembut atau kencang
-sesak atau tekanan di dahi, samping, atau belakang kepala

Gejala biasanya berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam dan ringan hingga sedang dalam tingkat keparahan.

Sakit kepala tegang sesekali dapat diobati dengan obat pereda nyeri atau pengobatan rumahan. Orang dengan sakit kepala tegang yang sering mungkin perlu mengubah gaya hidup mereka, mengidentifikasi dan menghindari pemicunya, atau menggunakan obat resep.

Kapan harus ke dokter?

Banyak kasus sakit kepala sebelah kanan akan sembuh dengan sendirinya. Namun orang yang mengalami sakit kepala sebelah kanan terus-menerus harus membuat janji dengan dokter mereka untuk mengidentifikasi penyebabnya.



Simak Video "Mujarab! Ramuan Rempah Ini Bisa Atasi Migrain"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)