Sabtu, 26 Sep 2020 09:30 WIB

Sering Sakit Kepala? Atasi dengan 5 Makanan Ini

Thalitha Yuristiana - detikHealth
sakit kepala sebelah kanan Ilustrasi sakit kepala. (Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra)
Jakarta -

Sakit kepala adalah kondisi alami yang kerap dialami oleh banyak orang. Sakit kepala dapat disebabkan oleh faktor. Misalnya sakit kepala karena flu, kelelahan, atau gejala dari penyakit yang mematikan.

Sakit kepala bisa muncul tiba-tiba atau bertahap. Sakit kepala bisa bertahan sebentar, beberapa hari, hingga bahkan hitungan bulan. Selain mengonsumsi obat-obatan, ada cara lain lho untuk meredakan sakit kepala.

Berikut 5 makanan pereda sakit kepala seperti yang dirangkum detikcom.

1. Kentang

Kentang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium dapat menambah elektrolit dalam tubuh. Kekurangan elektrolit kerap dihubungkan sebagai penyebab sakit kepala.

2. Semangka

Salah-satu penyebab sakit kepala adalah dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh. Semangka memiliki kandungan air yang banyak sehingga sangat berguna untuk mennghidrasi tubuh. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan magnesium yang besar. Penelitian menemukan bahwa asupan magnesium yang teratur mengurangi frekuensi serangan migrain sebesar 41,6 persen.

3. Ikan

Ikan selain kaya akan protein, juga mengandung omega-3 yang banyak. Omega-3 tinggi diketahui dapat menghilangkan sakit kepala. Asam lemak omega-3 juga dapat mempercepat durasi serangan migrain hingga 86 persen dengan menghambat produksi prostaglandin. Prostaglandin merupakan hormon penyebab sakit kepala, nyeri dan peradangan. Ikan yang tinggi omega-3 adalah tuna, salmon, kembung, teri, tenggiri, dan sarden.

4. Kacang almond

Salah-satu makanan yang memiliki magnesium yang cukup besar adalah kacang almond. Magnesium dapat membantu tubuh melemaskan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah dan oksigen menuju otak. Kacang almond juga dapat memicu hormon serotonin. Hormon serotonin berfungsi untuk meningkatkan kebahagiaan.

5. Jamur

Jamur kaya akan vitamin B2 yang berfusi untuk memberikan energi pada sel. Dalam beberapa penelitian, orang yang kekurangan B2 akan rentang mengalami migrain dibandingkan mereka yang tidak.

Nah, mulai sekarang yuk konsumsi makanan di atas untuk mengurangi sakit kepala Anda.



Simak Video "Mujarab! Ramuan Rempah Ini Bisa Atasi Migrain"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)