Sabtu, 26 Sep 2020 12:08 WIB

Bagaimana Cara Merawat Wajah Agar Tak Berjerawat Saat Pakai Masker?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation Banyak yang berjerawat setelah pakai masker. (Foto: iStock)
Jakarta -

Penggunaan masker saat ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari di masa pandemi COCID-19. Akan tetapi, penggunaan masker yang tidak tepat dapat memicu timbulnya masalah pada kulit wajah.

Penggunaan masker, khususnya di tengah cuaca panas, dapat membuat area di sekitar mulut dan hidung pada area wajah menjadi lebih lembab. Akibatnya, masalah seperti jerawat dan kulit kemerahan pun bisa terjadi setelah penggunaan masker.

Bagaimana cara menghindari kulit berjerawat akibat pakai masker?

Ahli kecantikan dr Olivia Aldisa dari Jakarta Aesthetic Clinic, mengatakan setidaknya penggunaan masker diganti sekitar empat jam sekali dan harus lebih memperhatikan kebersihan wajah agar tidak timbulnya masalah pada kulit wajah.

"Kita harus ganti masker sekitar empat jam sekali, kemudian cuci muka harus lebih bersih minimal tiga kali sehari. Perawatan wajahnya juga harus lebih rajin karena wajah ditutup terus," papar dr Disa, saat Bincang Sehat dengan detikcom, Kamis (25/9/2020).

Selain itu, dr Disa menambahkan, jika ada yang mengalami alergi saat pemakaian masker, sebaiknya kamu untuk konsultasikan kepada dokter. Selain itu, usahakan mencuci atau membersihkan wajah sebelum memakai masker yang tadinya sudah dilepaskan agar kotoran tidak menempel ke mana-mana.

"Kalau kita tutup terus menerus tanpa adanya sirkulasi udara di wajah itu nantinya juga akan berdampak pada jerawat," pungkas dr Disa.



Simak Video "Jangan Salah! Selalu Perhatikan Caramu Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)