Selasa, 29 Sep 2020 10:33 WIB

Hari Jantung Sedunia, Yuk Tetap Bergerak walau di Rumah Aja

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
olahraga di rumah Foto: shutterstock
Jakarta -

Hari Jantung Sedunia (World Heart Day) diperingati setiap 29 September. Momen ini kerap menjadi pengingat pentingnya menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Hari Jantung Sedunia tahun ini mungkin akan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya masyarakat memperingati WHD dengan cara berolahraga bersama, fun bike, running festival dan aktivitas fisik lainnya.

Namun, di tengah pandemi COVID-19, masyarakat dipaksa tetap di rumah aja untuk memutus rantai penyebaran virus. Kondisi ini tentu tak boleh jadi penghalang untuk tetap aktif di Hari Jantung Sedunia. Kamu juga tetap bisa bergerak aktif selama di rumah di momen WHD tahun ini.

Melansir Heart Foundation, aktivitas fisik berperan penting dalam meningkatkan kesehatan jantung. Aktivitas fisik mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 35%, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengelola kolesterol darah, membantu menjaga berat badan yang sehat, mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan sejumlah kanker.

Bagi sebagian orang, berada di rumah dalam waktu yang lama bisa menyebabkan stres karena perasaan yang terisolasi. Nah, dengan melakukan aktivitas fisik akan baik untuk mental dan sosial, serta mengurangi perasaan depresi dan kecemasan.

Selama di rumah saja, berikut ini aktivitas fisik yang relevan di masa COVID-19 dan baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Berkebun

Aktivitas fisik menyenangkan yang bisa dilakukan selama di rumah saja yaitu berkebun. Kamu bisa memanfaatkan halaman depan rumah untuk menanam tanaman favorit. Jika tidak memiliki lahan yang luas, kamu juga bisa menggunakan teknik hidroponik untuk menanam cabai, sawi, kucai, kangkung. Selain beraktivitas fisik bisa sekaligus dapat bahan makanan yang sehat.

Mendekorasi Ulang Rumah

Di masa pandemi, pasti waktu kamu akan lebih banyak dihabiskan di dalam rumah. Oleh karena itu, suasana rumah harus diubah menjadi semenyenangkan mungkin. Kamu bisa mendekorasi ulang rumah seperti mengecat ulang dengan warna yang cerah, menata ulang furnitur, hingga membersihkan debu-debu di setiap sudut rumah. Jadi selain aktif bergerak, dengan suasana rumah yang baru juga bisa membuatmu makin betah di rumah.

Stretching Ringan

Buatlah jadwal rutin untuk stretching setiap hari seperti sit up, push up, naik turun tangga, hingga angkat beban. Stretching ringan ini juga bisa dilakukan di sela-sela waktu bekerja. Jadi saat kamu merasa terlalu lama duduk di depan komputer, segera lakukan stretching selama 5-10 menit untuk membantu meregangkan otot-otot tubuh.

Meskipun di rumah aja, bukan berarti harus terus tidur dan bermalas-malasan. Melakukan berbagai aktivitas fisik justru membantu tubuh lebih bugar sehingga lebih tahan terhadap penyakit. Beraktivitas fisik juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung karena kolesterol yang ada di dalam tubuh sebagai salah satu faktor risikonya akan terurai.

Di Hari Jantung Sedunia, kamu perlu mengingat lagi bahwa menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang penting. Menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan aktivitas fisik adalah salah satu caranya. Kamu juga harus banyak mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur.

Selain itu juga bisa rutin mengonsumsi Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan. Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.



Simak Video "Pentingnya Deteksi Jantung saat Berolahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mul)