Senin, 28 Sep 2020 10:17 WIB

Mau Badan Ideal & Jantung Sehat? Coba Lakukan Diet Mediterania

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Diet Mediterania Foto: shutterstock
Jakarta -

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang bagus sekaligus sehat. Lantaran itu, tak sedikit orang baik pria maupun wanita yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan demi mendapatkan tubuh yang ideal.

Namun, menurunkan berat badan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai keinginan bukanlah hal yang mudah. Terkadang, kesalahan dalam pola diet justru bisa membuat tubuh tidak sehat.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui pola diet yang ampuh untuk membuat badan ideal sekaligus sehat.

Diet Mediterania bisa menjadi pilihan diet terbaik untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih sehat. Berdasarkan laporan dari US News and World, dari 41 metode diet yang dianalisa, diet Mediterania selalu berada di urutan teratas dari sejumlah kategori penelitian.

Melansir heart.org, diet Mediterania adalah diet yang terinspirasi dari kebiasaan makan orang-orang di negara-negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania.

Meskipun tak ada pakem tertentu mengenai diet ini, tapi ada beberapa hal yang sama saat diperhatikan. Berikut beberapa fakta soal diet Mediterania.

1. Sumber Utama Makanannya adalah Buah dan Sayur

Biasanya orang yang melakukan diet gaya Mediterania akan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, roti, biji-bijian, kentang, dan kacang-kacangan. Sedangkan untuk sumber lemak utama akan diasup dari minyak zaitun, produk susu, telur, ikan, dan unggas dalam jumlah rendah hingga sedang.

Ikan dan unggas lebih umum digunakan daripada daging merah dalam diet Mediterania. Selain itu, minuman anggur juga masih dapat dikonsumsi dalam jumlah rendah hingga sedang. Sedangkan untuk dessert, buah akan dijadikan makanan penutup bukan manisan.

2. Diet Terbaik

Selama bertahun-tahun, diet Mediterania menjadi jenis diet yang menempati posisi teratas dalam peringkat tahunan U.S. News and World Report untuk diet terbaik. Diet Mediterania juga disebut-sebut sebagai salah satu diet yang paling sehat oleh banyak organisasi kesehatan dan ahli diet.

American Heart Association bahkan merekomendasikan diet Mediterania untuk orang-orang yang ingin memulai mengatur pola makan yang sehat.

3. Membatasi Konsumsi Gula dan Lemak

Dalam diet Mediterania, asupan gula tambahan, minuman manis, natrium, makanan olahan tinggi, karbohidrat olahan, lemak jenuh, dan lemak atau daging olahan sangat dibatasi. Sebab, pola makan yang membatasi asupan makanan tersebut seperti pola diet Mediterania ini berperan besar dalam mencegah penyakit jantung dan stroke.

Mengurangi asupan gula dan lemak juga bisa meminimalisir faktor risiko obesitas, diabetes, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Sebagai gantinya, asupan lemak akan diambil dari minyak zaitun yang dapat membantu tubuh menghilangkan kelebihan kolesterol dari arteri dan menjaga pembuluh darah tetap terbuka.

4. Manfaat Diet Mediterania bagi Kesehatan

Apa yang kamu makan akan mempengaruhi banyak aspek kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan otak. Pola makan yang sehat dapat meningkatkan kemampuan untuk berpikir, mengingat, dan memproses informasi seiring bertambahnya usia.

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan paling sehat di usia 50 tahun memiliki risiko demensia hampir 90% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang pola makannya paling tidak sehat. Diet Mediterania telah terbukti meningkatkan kesehatan otak serta kesehatan jantung.

Oleh karena itu, bagi kamu yang mau memulai diet, cobalah pola diet Mediterania. Menjaga pola makan yang sehat seperti yang diajarkan dalam diet ini akan lebih baik jika dilakukan sejak masih muda. Selain itu, imbangi juga dengan berolahraga secara rutin.

Jika hal itu dilakukan secara rutin setiap hari, maka tubuh akan terbebas dari penyakit-penyakit seperti diabetes dan kolesterol yang merupakan faktor penyakit jantung yang mematikan.

Selain makan makanan sehat dan berolahraga, kamu juga bisa bantu menurunkan kadar kolesterol dengan Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan. Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)