Rabu, 26 Agu 2020 13:11 WIB

Jaga Kesehatan Jantung Sejak Muda Juga Bisa Cegah Demensia, Loh

Faidah Umu Safuroh - detikHealth
olahraga Foto: shutterstock
Jakarta -

Menjaga kesehatan jantung bisa dengan cara berolahraga. Oleh karena itu, orang yang menjaga kesehatan jantung biasanya juga memiliki fisik yang sehat. Namun tak hanya itu, menjaga kesehatan jantung sejak muda ternyata juga bisa mencegah demensia, loh.

Melansir Tri City Cardiology, sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology menyimpulkan semakin tinggi faktor risiko kardiovaskular yang dimiliki oleh seseorang, maka akan semakin tinggi pula risiko orang tersebut menderita demensia di masa tua.

Penelitian ini mengikuti lebih dari 1.500 subjek dengan usia rata-rata 79,5 tahun. Seluruh subjek dalam penelitian ini sebelumnya tidak pernah didiagnosis dengan demensia selama periode 21 tahun.

Kemudian peserta dinilai berdasarkan sejumlah perilaku kognitif, seperti ingatan jangka pendek dan panjang, kemampuan untuk membandingkan angka dan pola, dan identifikasi hubungan visual dan spasial antar objek. Tingkat risiko penyakit kardiovaskular dari setiap peserta juga dinilai.

Para peneliti menemukan subjek yang memiliki risiko penyakit kardiovaskular dengan skala tinggi lebih berisiko mengalami gangguan memori dan ketidakmampuan untuk mengenali pola saat mereka menua. Bagian otak yang mengontrol memori dan bahasa pada mereka yang termasuk dalam kategori itu juga memiliki volume yang lebih kecil.

Meskipun tidak ada hubungan pasti yang ditemukan antara kesehatan jantung yang buruk dan demensia, studi tersebut mendukung teori bahwa sistem kardiovaskular yang kuat dapat memainkan peran penting dalam mencegah penyakit alzheimer.

Seorang peneliti menyebutkan hubungan kesehatan jantung dengan demensia ini mungkin terjadi karena kebiasaan kardiovaskular yang baik, seperti tidak merokok, makan dengan baik, dan berolahraga, juga mendukung kesehatan kognitif.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang sangat penting. Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan berolahraga, tidak merokok dan minum alkohol, rutin cek tekanan darah, diabetes, dan kolesterol.

Ya, penyakit kolesterol merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Kolesterol tinggi dapat mengganggu kesehatan jantung. Lantaran itu, segera turunkan kadar kolesterol jika dinilai sudah melebihi batas normal. Kadar kolesterol total yang sehat harus tetap di bawah 200 mg/dL.

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur yang kaya serat, berolahraga secara teratur dan rutin mengonsumsi Nestlé ACTICOR 2x sehari setelah makan.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestlé ACTICOR dianjurkan diminum 2x sehari setelah makan.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.



Simak Video "9 Kandidat Vaksin Corona Jika Indonesia Resmi Bergabung COVAX"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)