Jumat, 31 Jul 2020 10:05 WIB

Ini 7 Tips Turunkan Kolesterol dengan Diet Sehat

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Makanan sehat Foto: Shutterstock
Jakarta - Salah satu faktor risiko kolesterol tinggi adalah obesitas. Itulah alasan banyak orang yang memiliki kolesterol tinggi dan obesitas memilih untuk menurunkan berat badan dengan berdiet. Namun, tak semua orang paham diet yang sehat dan benar untuk tubuh.

Kebanyakan mereka yang ingin menurunkan berat badan menghindari nasi tapi masih tetap makan makanan ringan, roti, kue, dan lain-lain. Padahal makanan ringan serta makanan yang tinggi lemak jenuh rawan kandungan kolesterol jahat. alih-alih menurunkan berat badan justru kadar kolesterol semakin melambung tinggi.

Buat kamu yang ingin berdiet untuk menurunkan berat badan sekaligus kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, berikut 7 tips untuk menurunkan kolesterol dengan diet dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung yang dilansir dari Healthline.

1. Makan Makanan Kaya Serat Larut

Serat larut sering ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan seperti apel dan jeruk, serta sayuran. Serat larut ini akan menyerap empedu (zat yang terbuat dari kolesterol), kemudian dibuang melalui saluran pencernaan. Jadi hanya dengan mengonsumsi 5-10 gram serat larut setiap hari selama sebulan bisa menurunkan 5-10% kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

2. Masak Makanan dengan Rempah dan Bumbu Herbal

Menu diet yang baik tetap menggunakan rempah-rempah dan bumbu herbal. Sebuah penelitian menunjukkan bawang putih, kunyit dan jahe sangat efektif menurunkan kolesterol ketika dimakan secara teratur. Makan satu siung bawang putih per hari selama tiga bulan, misalnya, sudah cukup untuk menurunkan kolesterol total sebesar 9%.

3. Tetap Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Fungsi kolesterol bagi tubuh yaitu untuk proses metabolisme. Jadi meski sedang diet pastikan kamu tetap mendapatkan asupan kolesterol atau lemak tak jenuh dari makanan-makanan seperti alpukat, zaitun, ikan berlemak, dan kacang-kacangan. Lemak tak jenuh ini diketahui sehat untuk jantung, sehingga sangat bermanfaat ketika kamu memakannya secara teratur.

4. Hindari Lemak Trans Buatan

Dalam proses diet untuk menurunkan kadar kolesterol, pastikan kamu tidak mengonsumsi lemak trans buatan. Lemak trans buatan ini banyak ditemukan dalam daging merah. Sebuah penelitian juga menunjukkan makan lemak trans buatan bisa meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan kolesterol HDL. Selain itu juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung sebesar 23%.

5. Kurangi Konsumsi Gula

Bukan hanya lemak jenuh dan lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa membuat kolesterol naik. The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 100 kalori (25 gram) gula tambahan per hari untuk wanita dan anak-anak, dan tidak lebih dari 150 kalori (37,5 gram) per hari untuk pria.

6. Coba Diet Gaya Mediterania

Diet gaya Mediterania sangat cocok diaplikasikan kepada orang-orang yang ingin menurunkan kadar kolesterol. Makanan Mediterania kaya akan minyak zaitun, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan.

Penelitian telah menunjukkan orang yang mengikuti diet gaya Mediterania selama setidaknya tiga bulan dapat mengurangi kolesterol LDL rata-rata 8,9 mg per desiliter (dL). Diet gaya Mediterania juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 52% dan risiko kematian hingga 47% bila dilakukan setidaknya selama empat tahun.

7. Minum Teh Hijau

Masukan teh hijau dalam daftar menu diet yang kamu lakukan. Sebuah ulasan dari 14 studi menemukan mengonsumsi teh hijau setiap hari selama setidaknya dua minggu bisa menurunkan kolesterol total sekitar 7 mg/dL dan kolesterol LDL sekitar 2 mg/dL. Teh hijau juga kaya antioksidan, yang dapat mencegah kolesterol LDL dari oksidasi dan membentuk plak di arteri.

Selain ketujuh tips di atas, kamu juga bisa bantu menurunkan kadar kolesterol dengan rutin minum Nestlé ACTICOR. Nestlé ACTICOR merupakan minuman mengandung susu yang secara alami dapat bantu turunkan kolesterol, karena mengandung serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin.

Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestlé ACTICOR dianjurkan diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestlé ACTICOR, kadar kolesterol jahat dalam tubuh turun. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol. (prf/ega)