Selasa, 29 Sep 2020 17:51 WIB

Jejak Menteri Kesehatan Terawan, Corona, Hingga Bangku Kosong Najwa Shihab

Rosmha Widiyani - detikHealth
Menkes Terawan Agus Putranto Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Jejak Menteri Kesehatan Terawan, Corona, Hingga Bangku Kosong Najwa Shihab
Jakarta -

Menteri Kesehatan Terawan jadi tren setelah presenter Najwa Shihab mewawancara bangku kosong dalam video berdurasi 4 menit 22 detik berjudul "#MataNajwaMenantiTerawan". Dalam video tersebut, Najwa Shihab menghadirkan pertanyaan seputar penanganan pandemi COVID-19.

Selama penanganan COVID-19, Menteri Kesehatan Terawan memang menjadi sosok yang paling dicari-cari. Dalam arsip berita detikcom, Menteri Kesehatan Terawan jarang tampil dan memberi keterangan terkait penanganan corona.

Berikut jejak Menteri Kesehatan Terawan, Corona, hingga jadi tren Bangku Kosong Najwa Shihab

1. Menteri Kesehatan Terawan dan corona sembuh sendiri

Menteri Kesehatan Terawan sempat menyampaikan penyakit akibat virus corona bisa sembuh sendiri. Pernyataan disampaikan saat mengumumkan kesembuhan sejumlah pasien positif virus corona pada Maret 2020. Terawan juga menyampaikan rasa bahagia terkait kesembuhan para pasien tersebut.

"Dan saya merasa sangat berbahagia. Bahwa teorinya benar bahwa memang ini adalah self limiting disease yang akan sembuh sendiri. Penyakit yang akan sembuh sendiri," ujar Menteri Kesehatan Terawan.

2. Menteri Kesehatan Terawan dan doa 'kebal' corona

Pernyataan Menteri Kesehatan Terawan terkait doa 'kebal' corona disampaikan pada Februari 2020. Saat itu, Indonesia belum melaporkan kasus corona meski virus telah menewaskan lebih dari 1.500 orang. Sebanyak 67 ribu orang saat itu dilaporkan telah terjangkit virus ini.

"Secara medis, doa. Semua karena doa. Saya yakin doalah yang membuat kita begitu," kata Menteri Kesehatan Terawan saat jumpa pers di Bandara Halim Perdanakusuma.

3. Menteri Kesehatan Terawan mengingatkan tenaga kesehatan

Jumlah kasus virus corona hingga hari ini terus meningkat dengan jumlah kematian yang tidak juga turun. Risiko tertular dan menjadi korban infeksi virus corona juga dialami tenaga kesehatan, yang menjadi garda terdepan penanganan COVID-19. Menteri Kesehatan Terawan berharap tenaga medis tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Penerapan protokol kesehatan harus dilakukan di tiap tindakan mulai dari penjemputan pasien, penerimaan di UGD, hingga pelaksanaan tindakan. Dalam pernyataan yang disampaikan lewat siaran YouTube BNPB dalam agenda Doa Perawat untuk Negeri pada September 2020, Menteri Kesehatan Terawan menyampaikan rasa duka atas meninggalnya sejumlah tenaga kesehatan.

4. Menteri Kesehatan Terawan dan pemindahan 34 set ICU

Dalam arsip berita detikcom disebutkan, Menteri Kesehatan Terawan memerintahkan pemindahan 34 set ICU. Peralatan tersebut digunakan RS Pendidikan Universitas Indonesia (UI), setelah sebelumnya berada di Rumah Sakit Darurat (RSD) Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran. Dengan pemindahan tersebut maka tersisa lima set ICU di RSD Wisma Atlet Kemayoran.

"Sesuai arahan pimpinan, dalam hal ini Bapak Menteri Kesehatan, sebagian dipindahkan ke RS yang kami sebut tadi, RS pendidikan di UI Depok," kata Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat Mayjen TNI, dr Tugas Ratmono, dalam jumpa pers di Wisma Atlet, Kemayoran, Sabtu (26/9/2020).

5. Menteri Kesehatan Terawan dan anggapan semua orang positif corona

Dengan jumlah kasus dan kematian yang terus meningkat karena corona, Menteri Kesehatan Terawan meminta semua orang menggunakan masker. Menkes lalu mengibaratkan semua orang harus dianggap positif corona tapi bukan sakit.

"Harus menganggap semua orang positif, bukan sakit, kita pakai masker karena masa pandemi. Harus ikhlas pakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak," kata Terawan dalam keterangan tertulis dikutip di situs Kemenkes pada Jumat (25/9/2020).

6. Menteri Kesehatan Terawan dan bangku kosong Najwa Shihab

Dalam pernyataan yang diunggah di Instagram, Najwa Shihab menulis telah beberapa kali mengundang Menteri Kesehatan Terawan namun tidak mendapat respon positif. Sayangnya unggahan Bangku Kosong Najwa Shihab belum juga mendapat tanggapan dari Menteri Kesehatan Terawan.



Simak Video "Menkes Terawan soal Corona di Indonesia: Perjalanan Masih Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)