Selasa, 29 Sep 2020 20:00 WIB

17 Persen Warga Yakin Tak Bakal Kena Corona, Ini Kata Satgas COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kantor Wali Kota Jakarta Selatan ditutup sementara. Penutupan dilakukan akibat ditemukannya kasus Corona di lingkungan Pemkot Jaksel. 17 persen warga yakin tidak kena Corona, ini kata Satgas COVID-19. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Survei 'Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19' yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap ada 17 persen warga yang yakin tak bakal terinfeksi COVID-19. Dari data tersebut, terlihat bahwa kelompok usia 17-30 tahun paling banyak yang merasa 'kebal' alias tidak mungkin tertular Corona.

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyayangkan masih banyak orang yang merasa 'kebal' dan tak mungkin tertular COVID-19. Wiku mengingatkan penyakit ini tidak memandang usia, jenis kelamin, atau status sosial seseorang sebab semua kelompok memiliki risiko terinfeksi.

"Menyayangkan adanya persepsi masyarakat yang menyatakan kebal COVID-19. Perlu kami tekankan sekali lagi, tidak ada orang yang kebal terhadap COVID-19," katanya dalam siaran pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/9/2020).

"Jangan sekali2 kita berpikir bahwa karena rajin olahraga atau berdiam diri di rumah, kita bisa kebal. Tertular itu mudah terjadi dari siapapun yang kita temui," lanjutnya.

Wiku juga menyampaikan agar masyarakat tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dan mementingkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan). Diimbau pula kepada warga untuk saling mengingatkan apabila terdapat orang di lingkungan sekitar yang tidak patuh menjalankan protokol tersebut.

"Masyarakat yang sudah paham agar mengingatkan kepada orang lain agar betul-betul menjadi kekuatan secara nasional untuk melawan virus ini," sebut Wiku.

Dalam survei yang dilakukan BPS, disinggung juga mengenai beberapa alasan warga tidak mematuhi protokol pencegahan Corona, di antaranya:

Tidak ada sanksi: 55 persen
Tidak ada kejadian penderita COVID-19 di lingkungan sendiri: 39 persen
Pekerjaan jadi sulit kalau menerapkan protokol: 33 persen
Harga masker dan face shield mahal: 23 persen
Mengikuti orang lain: 21 persen
Aparat atau pimpinan tidak memberi contoh: 19 persen



Simak Video "Inilah Sumber Penularan Virus Covid-19 ke Kelompok Rentan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)