Rabu, 30 Sep 2020 09:05 WIB

Kematian Global Sudah Tembus 1 Juta, Negara-negara Ini Masih 'Bebas' COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
50 Persen Penduduk Jerman Khawatirkan Gelombang Kedua Corona Saat kematian Corona tembus 1 juta, negara-negara ini masih bebas COVID-19. (Foto ilustrasi: DW (News)
Jakarta -

Kasus COVID-19 di dunia hingga kini tercatat lebih dari 30 juta kasus. Worldometers melaporkan ada 215 negara yang terdampak pandemi COVID-19 hingga Rabu (30/9/2020) dan total kematian karena Corona di dunia sudah mencapai 1 juta kasus.

Amerika Serikat masih menjadi negara yang memiliki angka kematian dan kasus tinggi di dunia dengan lebih dari 7 juta kasus COVID-19. Sementara kematian akibat COVID-19 di AS melebihi dua ratus ribu kasus.

Dilanjut oleh negara India yang kembali mencatat lonjakan kasus Corona hingga 80 ribu kasus per hari. Angka kematian di India pun hampir menyentuh 100 ribu.

Meski hampir seluruh negara terdampak pandemi COVID-19, rupanya masih ada beberapa negara yang tidak melaporkan satu pun kasus dari Corona. Korea Utara salah satunya, meskipun beberapa waktu lalu diduga sempat melaporkan kasus suspek pertama COVID-19.

Dikutip dari Al Jazeera berikut negara yang masih 'bebas' dari Corona

- Solomon Islands

- Tonga

- Turkmenistan

- Tuvalu

- Vanuatu

Meski begitu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) tidak menganjurkan bepergian ke tempat tersebut jika tidak ada kepentingan apapun. Seperti salah satunya Tonga.

"Tonga belum melaporkan data kasus COVID-19 ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Risiko COVID-19 di Tonga tidak diketahui," tulis CDC dalam laman resminya.



Simak Video "7 Wilayah RI Ini Catat Kasus Aktif COVID-19 di Atas Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)