Kamis, 01 Okt 2020 06:05 WIB

Perlukah Menkes Terawan Tampil ke Publik? Ini Kata Pembaca

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) berbincang dengan anggota DPR Dewi Asmara saat akan mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (11/6/2020). Rapat yang juga diikuti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy itu membahas penanggulangan defisit dana jaminan sosial BPJS Kesehatan dan perbaikan tata kelola sistem layanan kesehatan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww. Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Kemunculan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di depan publik belakangan ini banyak dinantikan. Sebagai pengampu kebijakan terkait kesehatan, kiprahnya dinilai tidak terlalu kelihatan di masa pandemi virus Corona COVID-19.

Dalam beberapa kesempatan, ia tampil di depan publik hanya untuk menampingi Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Selebihnya, penyampaian update data dan informasi seputar pandemi lebih banyak dilakukan oleh ketua dan juru bicara satgas.

Tayangan kontroversial Mata Najwa yang menghadirkan bangku kosong menggantikan Menkes Terawan menjadi sindiran keras atas kondisi tersebut. Meski ada sebagian kalangan yang menganggapnya sebagai bullying, sebagian besar pembaca detikcom menilai sudah semestinya Menkes Terawan lebih sering muncul ke publik.

Lewat kolom komentar, pembaca detikcom menyampaikan beragam pendapat. Pendapat yang mengharuskan Menkes Terawan tampil di depan publik dan yang mengharuskannya fokus kerja, relatif berimbang.

"Pandemi Covid adalah masalah kesehatan. Jadi wajib hukumnya Menteri Kesehatan tampil di depan publik Indonesia menyampaikan perkembangan penanganan pandemik ini, walaupun tidak perlu setiap hari. Semua keputusan penting pemerintah dalam menangani pandemi ini harusnya disampaikan oleh menkes," kata pemilik akun detikID Cah Bagus yang memilih Menkes harus tampil.

Pembaca menilai kemunculan Menkes Terawan sebagai bentuk pertanggungjawaban. Tidak harus di acara tertentu, setidaknya untuk menyampaikan berbagai perkembangan dan kebijakan terbaru melalui jumpa pers.

Pendapat yang mengatakan Menkes Terawan lebih baik fokus mengerjakan tugas dibandingkan tampil di media juga banyak disampaikan pembaca. Umumnya karena menilai penyampaian informasi penanganan pandemi COVID-19 sudah menjadi tugas tim Satgas.

"Fokus kerja aja, lagian kan Presiden sudah tunjuk ketua pemulihan ekonomi dan pandemi covid, jadi fokus saja yang lain pak," kata pemilik akun detikID Victor M.

Beragam komentar pembaca soal perlu tidaknya Menkes Terawan tampil ke publik bisa disimak di tautan ini.



Simak Video "Terawan Klaim Vaksin Nusantara Jadi Solusi Atasi Varian Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)