Kamis, 01 Okt 2020 09:00 WIB

16 Daerah yang Tak Terdampak COVID-19 Sejak Wabah Merebak di Indonesia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ratusan warga di kawasan Tanah Abang mengikuti tes swab massal. Tes itu diselenggarakan sebagai salah satu upaya pendeteksian dini virus Corona. 16 daerah yang belum terdampak covid-19 sejak wabah merebak di Indonesia. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Corona di Indonesia pertama kali merebak awal Maret lalu. Sejak saat itu, penyebaran kasus Corona semakin luas ke beberapa daerah termasuk luar pulau Jawa.

Namun, data terbaru yang tercatat dalam laman resmi covid19.go.id terungkap ada 16 daerah yang tidak terdampak COVID-19 hingga hari ini. Kategori tidak terdampak masuk dalam zona hijau.

Zona hijau sendiri terbagi dalam dua kasus yaitu tidak ada kasus dan tidak terdampak. Sebanyak 3,11 persen daerah yang terdampak, sementara 3,70 persen lainnya tidak ada kasus.

"Dilihat dari daerah tidak terdampak 20 jadi 16. Kami mohon 16 kabupaten kota menjaga wilayahnya jangan sampai terdampak COVID-19," kata Prof Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/9/2020).

Berikut daftar wilayah di Indonesia yang belum terdampak COVID-19.

Papua Barat

- Pegunungan Arfak

Papua

- Dogiyai
- Yahukimo
- Deiyai
- Mamberamo Raya
- Nduga
- Asmat
- Puncak
- Intan Jaya

Nusa Tenggara Timur

- Ngada
- Sabu Raijuan
- Manggarai Timur
- Belu

Maluku

- Maluku Tenggara Barat

Kepulauan Riau

- Natuna
- Kepulauan Anambas

Perlu diketahui, data tersebut terupdate secara mingguan. Data yang dihimpun dalam situs resmi covid19.go.id berikut merupakan data per 27 September 2020.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)