Kamis, 01 Okt 2020 11:35 WIB

Joy Tobing Positif COVID-19, Butuh Berapa Lama untuk Sembuh?

Ayunda Septiani - detikHealth
Joy Tobing Joy Tobing positif Corona. (Foto: Hanif Hawari)
Jakarta -

Bertambah lagi selebriti Indonesia yang dinyatakan terinfeksi COVID-19. Penyanyi Joy Tobing dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Joy mengatakan, ia menganggap gejala yang ia rasakan sebagai gejala penyakit biasa, sampai akhirnya ia dinyatakan positif COVID-19 hasil swab.

"Biasanya kan kalau penyanyi penyakitnya radang tenggorokan ya. Kakak pikir itu hal yang biasa saja. Ternyata pas cek ke dokter swab hasilnya positif. Langsung kakak menjalankan isolasi mandiri 14 hari di rumah," papar Joy Tobing.

Joy Tobing pun mengatakan dirinya sangat syok saat pertama kali dinyatakan positif COVID-19. Ia merasa selama ini sudah menjalankan protokol kesehatan yang benar dan baik. Meski begitu, butuh berapa lama untuk sembuh dari Corona?

Waktu pemulihan dari virus Corona pun akan bergantung pada orang dan seberapa parah infeksinya. Beberapa orang akan sembuh dengan cepat, tetapi ada juga beberapa kelompok lain gejalanya bisa bertambah parah.

Pasien gejala ringan

Dikutip dari BBC, sebuah analisis dari pasien COVID-19 di China oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kira-kira butuh 2 pekan bagi pasien dengan gejala ringan untuk pulih.

Gejala ringan yang dimaksud seperti demam, lelah, dan batuk kering. Beberapa pasien juga mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini biasanya ringan dan mulai secara bertahap.

Pasien gejala sedang-berat

Namun penyakit ini bisa menjadi serius pada sebagian orang yang terjadi kira-kira sekitar 7 hingga 10 hari setelah infeksi. Bernapas menjadi sulit dan merasa sesak.

Pada tahap ini, beberapa pasien akan mengalami gejala Corona sedang ke berat. Bagi pasien dengan gejala tersebut, rentang waktu pemulihan sekitar 3 hingga 6 minggu.

Pasien kritis

Ada juga pasien yang memerlukan bantuan oksigen hingga ia dirawat di unit perawatan intensif. Pada fase ini, akan membutuh waktu sedikit lebih lama bagi pasien untuk sembuh.

WHO memperkirakan satu dari 20 orang yang terinfeksi virus Corona COVID-19 akan memerlukan perawatan intensif seperti memakai alat bantu ventilator.

Dr Alison Pittard, Dekan Fakultas Kedokteran Perawatan Intensif, mengatakan perlu waktu 12-18 bulan untuk kembali normal setelah menjalani perawatan kritis.

Hal ini dikarenakan berbaring di ranjang rumah sakit dalam waktu yang cukup lama akan membuat seseorang kehilangan massa otot sehingga beberapa pasien pun membutuhkan penanganan fisioterapis agar bisa berjalan lagi.

Tapi tentunya hal ini bervariasi pada setiap orangnya. Beberapa pasien menghabiskan waktu yang relatif singkat di ICU dan lainnya bisa berminggu-minggu.

Tonton video 'Joy Tobing Syok Positif Corona, Ini Gejala yang Dia Alami':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/kna)