Kamis, 01 Okt 2020 16:55 WIB

Soal Harga Tes Swab yang Berbeda-beda, Ini Penjelasan Satgas COVID-19

Ayunda Septiani - detikHealth
Pemeriksaan swab di Brebes, Senin (24/8/2020). Virus Corona COVID-19 (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Jakarta -

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito membeberkan soal harga tes swab yang masih belum ketok palu hingga sekarang. Di pasaran harga tes swab sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga di atas satu juta rupiah.

Pemerintah mempekirakan standar harga swab berkisar antara 439 ribu sampai 797 ribu rupiah. Namun saat ini pemerintah sedang mengkaji mengenai perihal tersebut.

"Harga swab berkisar antara 439 ribu sampai 797 tersebut masih dikaji terus oleh pemerintah, karena kita ingin memastikan bahwa harga swab tersebut betul-betul dapat terjangkau oleh masyarakat yang membutuhkan," jelas Prof Wiku saat memberikan konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (1/10/2020).

"Dan saat yang bersamaan kita harus memastikan bahwa penyelenggara tes tersebut juga bervariasi, dan memang sesuai dengan biaya yang mereka keluarkan," papar Prof Wiku.

Meski begitu, Wiku juga mengatakan, pengambilan untung untuk dalam tes swab boleh saja dilakukan, namun harus dalam jumlah yang terbatas karena ini menyangkut dengan masalah pandemi.

Harga tes swab akan diumumkan setelah semua kajian yang disusun oleh pemerintah selesai. Selain itu, kunci utama untuk memutuskan rantai COVID-19 dijelaskan oleh #satgascovid19 adalah dengan melakukan 3 M: Mencuci tangan #cucitangan, menjaga jarak #jagajarak, dan memakai masker #pakaimasker.



Simak Video "Ilmuwan Jerman Pamerkan Alat Uji Corona Baru yang Lebih Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)