Sabtu, 03 Okt 2020 05:02 WIB

Makanan Sehat Bergizi yang Bikin Badan Six Pack

Rosmha Widiyani - detikHealth
Fitness man doing stomach workouts on horizontal bar outdoors Foto: Thinkstock/Makanan Sehat Bergizi yang Bikin Badan Six Pack
Jakarta -

Bagi yang ingin punya badan six packs, mengubah diet adalah langkah penting yang harus dilakukan. Makanan sehat bergizi wajib dikonsumsi, bukan lagi tinggi gula dan kalori yang berisiko meningkatkan berat badan dan lemak tubuh.

Hidangan yang dipilih harus meningkatkan metabolisme, pembakaran lemak, dan awet kenyang di sela waktu makan. Makanan sehat bergizi juga harus mengandung banyak mikronutrisi, antioksidan, dan rendah kalori.

Kandungan lain yang wajib ada adalah serat, protein, dan lemak sehat yang penting untuk membentuk komposisi tubuh. Tentunya body six packs tidak bisa diperoleh tanpa olahraga, tidak merokok, serta menjalankan pola hidup bersih.

Dikutip dari healthline, makanan sehat bergizi untuk membentuk body six pack ternyata mudah diperoleh di lingkungan sekitar. Makanan juga tidak harus mahal sehingga bisa dikonsumsi setiap saat dengan berbagai metode pengolahan.

Berikut makanan sehat bergizi yang bikin badan six pack:

1. Buah dan sayur

Berbagai macam buah dan sayur sudah dikenal padat nutrisi, rendah kalori, dan tinggi antioksidan. Kandungan lain dalam buah dan sayur adalah antioksidan, serat, serta aneka jenis vitamin dan mineral.

Buah dan sayur dengan berbagai kandungannya adalah makanan sehat bergizi wajib bagi yang ingin six packs, menurunkan berat badan, dan membakar lebih banyak lemak. Sekitar 10 riset menyatakan, makan empat porsi sayur sehari berdampak pada penurunan risiko meningkatnya berat badan dan mengurangi ukuran pinggang.

2. Biji-bijian utuh

Asupan yang termasuk kategori whole grain atau biji-bijian utuh antara lain oats, barley, buckwheat, dan quinoa. Whole grain yang tersedia tanpa diolah atau digiling adalah asupan yang baik untuk memperoleh body six pack.

Makanan sehat bergizi whole grain kaya serat yang membantu pencernaan, menurunkan berat badan, menjaga kadar gula dalam darah stabil. Kandungan lain dalam whole grain adalah vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu mencegah serangan radikal bebas.

3. Kacang dan biji-bijian

Makanan sehat bergizi kacang dan biji-bijian memiliki kandungan serat, protein, dan lemak sehat yang seimbang. Komponen tersebut sangat penting bagi yang ingin punya body six pack.

Contoh kacang-kacangan yang baik dikonsumsi adalah pistachio, walnut, almond, pecan, dan Brazil nuts. Sedangkan untuk biji-bijian adalah chia, flax, dan pumpkin seed. Studi pada 26 orang menunjukkan, konsumsi 35 gram tepung dari chia seed tiap hari selama 12 minggu menurunkan berat badan dan ukuran pinggang.

4. Ikan-ikan berlemak

Ikan-ikan berlemak atau fatty fish menjadi makanan sehat bergizi wajib konsumsi selanjutnya jika ingin body six pack. Contoh fatty fish adalah salmon, mackerel, tuna, dan sarden (sardines) yang kaya asam lemak omega 3.

Fatty fish tanya bikin six pack tapi juga menjaga fungsi otak, kesehatan jantung, berat badan, dan mencegah peradangan. Manfaat lain adalah mengurangi lemak perut yang menjadi faktor risiko terkait penyakit jantung. Riset pada 2.874 orang dewasa menunjukkan, konsumsi rutin fatty fish menurunkan ukuran pinggang dan kadar trigliserida dalam tubuh.

5. Kacang-kacangan jenis legume

Berbeda dengan jenis kacang-kacangan yang disebutkan sebelumnya, contoh legume adalah lentil, buncis, kacang polong, kacang tanah. Legume adalah makanan sehat bergizi yang mengandung protein, serat, vitamin B, zat besi, tembaga (Cu), dan seng (zinc).

Riset membuktikan, konsumsi legume sebagai sumber protein mampu memperbaiki komposisi tubuh dan mengurangi lemak perut. Serat yang terkandung dalam legume bisa mengurangi berat badan menjadi lebih sehat dan ideal.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)