Sabtu, 03 Okt 2020 11:00 WIB

Dapat Turunkan Imun Tubuh, Hindari 7 Asupan Ini Agar Tak Mudah Sakit

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi sakit Deretan makanan yang bikin gampang sakit. (Foto: iStock)
Jakarta -

Imunitas yang kuat merupakan langkah awal yang dibutuhkan untuk terhindar dari berbagai penyakit seperti virus Corona. Untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang optimal, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah asupan yang dikonsumsi sehari-hari.

Terdapat beberapa asupan yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga asupan tersebut harus dibatasi atau dihindari. Kira-kira asupan apa saja? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Dikutip dari Eat This, berikut beberapa makanan yang harus dihindari untuk sistem kekebalan tubuh:

1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memang menggugah selera, tetapi memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Makanan cepat saji mengandung kalori, lemak jenuh, natrium, dan gula yang tidak ideal untuk melindungi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, makanan cepat saji juga meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe-2 dan gangguan jantung.

2. Permen

Permen menjadi camilan yang menyegarkan mulut. Namun, kandungan gula olahan pada permen memiliki efek negatif bagi tubuh. Sejumlah studi menemukan bahwa gula olahan dapat meningkatkan penanda peradangan dalam tubuh sehingga jumlah peradangan yang tinggi mengganggu sistem kekebalan.

3. Soda

Minuman bersoda mengandung gula dan kalori yang tinggi. Tentu, keduanya tak memberi gizi apa pun yang baik untuk tubuh. Minuman bersoda berisiko menambah berat badan dan memicu obesitas. Ketika seseorang kelebihan berat badan akan mengalami penekanan fungsi sistem kekebalan.

4. Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol dalam batas yang disarankan yaitu tidak lebih dari satu gelas untuk perempuan sehari, atau dua gelas sehari untuk pria. Ahli gizi Patricia Bannan mengatakan bahwa alkohol dapat mengganggu jalur kekebalan serta mengganggu pola tidur sehingga membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

5. Gorengan

Gorengan mengandung lemak yang sangat tinggi. Selain bisa meningkatkan kolesterol jahat, gorengan juga meningkatkan inflamasi dalam tubuh. Imbasnya, jika mengkonsumsi gorengan berlebihan, bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.

"Makanan yang digoreng cenderung tinggi lemak yang dapat menekan sistem kekebalan Anda," ujar Bannan.

8. Es krim

Dibalik kesegaran es krim di siang hari, ternyata es krim tinggi akan lemak jenuh dan gula yang bisa memicu peradangan. Bannan mengatakan es krim mengandung enam kali lipat gula sehingga melebihi batasan yang seharusnya dikonsumsi sepanjang hari.

7. Sodium

Banyak orang mungkin telah menyadari mengkonsumsi garam secara berlebihan bisa memicu masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi karena mengandung natrium yang tinggi.

Namun, konsumsi garam secara berlebihan ternyata berkaitan dengan penurunan daya tahan tubuh. Bannan menyarankan Anda untuk memilih makanan kemasan dengan kandungan natrium yang tidak lebih dari 600 mg.



Simak Video "Pentingnya Asupan Protein di Masa Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)