Sabtu, 03 Okt 2020 13:01 WIB

Mengintip Harga Tes Swab Mandiri Sebelum Dikenai Batas Tertinggi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Coronavirus 2019-nCoV Sample. New Epidemic Corona Virus. Corona virus outbreaking. Corona Virus in Lab. Scientist hold tube with Test with the Virus Name Coronavirus. sputum examination Mengintip harga tes swab mandiri sebelum dikenakan harga tertinggi. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Tarif batas tertinggi untuk swab test mandiri ditetapkan Rp 900 ribu. Keputusan ini diambil setelah banyak pihak mengusulkan pemerintah untuk menetapkan standar tarif sebab tak sedikit yang menilai harga tes swab mandiri terlalu mahal.

"Tim Kemenkes dan BPKN menyetujui batas tertinggi swab yang bisa kami pertanggungjawabkan kepada masyarakat yaitu Rp 900 ribu," ujar Plt Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Prof Dr H Abdul Kadir, PHD, SpTHT-KL (K), MARS dalam konferensi pers di kanal Youtube Kementerian Kesehatan, Jumat (2/10/2020).

Perlu dicatat, acuan harga ini diperuntukkan untuk masyarakat yang ingin melakukan tes mandiri, bukan kontak tracing. Tes swab ditanggung pemerintah jika telah mendapat rujukan dari rumah sakit atau ditemukan dari penelusuran kontak atau contact tracing.

Sebelum ditetapkan batas tarif tes swab mandiri, harganya berkisar Rp 1,5 juta-Rp 4 juta, tergantung waktu tunggu hasil tes yang didapatkan. Seperti yang diceritakan oleh Bimo, yang menjalani swab mandiri di salah satu rumah sakit swasta di daerah Jakarta Pusat dengan biaya Rp 1,5 juta untuk sekali periksa.

Selain itu, Dafy, yang menjalani tes swab mandiri karena kebutuhan pribadi menyebut biaya yang dikeluarkan untuk swab di Rumah Sakit Bunda Menteng, Jakarta Pusat sebesar Rp 2,5 juta dan hasilnya keluar 3 hari.

Jika ingin cepat dan hasil test hari itu juga keluar dikenakan biaya Rp 3,5 juta - Rp 4 juta.

"Riset dulu, cari yang murah. Aku riset ke Siloam Karawaci Tangerang sama ke Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta. Harganya 3-5 jutaan mahal banget tapi iu sehari sih, besoknya udah keluar," katanya.

Biaya swab mandiri juga bervariasi, tergantung pada hasil keluarnya tes. Makin cepat hasilnya keluar, makin mahal biayanya.

detikcom pun melakukan penelusuran untuk mengetahui kisaran tarif harga swab test melalui situs-situs resmi beberapa rumah sakit. Berikut ini daftar tarif swab test di beberapa RS per 3 Oktober 2020:

1. RS Pondok Indah

Biaya swab test: Rp 2,3 juta (drive thru)
Hasil tes keluar langsung keluar dalam sehari

2. RS Siloam

Biaya swab test: Rp 2,5 juta dan Rp 3,5 juta
Hasil tes keluar pada hari yang sama untuk paket Rp 3,5 juta.
Paket Rp 2,5 juta keluar sehari setelah tes.

3. RSIA Bina Medika

Biaya tes swab: Rp 1,5 juta - Rp 1,9 juta
Hasil keluar pada hari yang sama: Rp 1,9 juta
Hasil keluar 1x24 jam: Rp 1,7 juta
Hasil keluar 2x24 jam: Rp 1,5 juta



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)