Minggu, 04 Okt 2020 05:30 WIB

5 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh yang Perlu Diketahui

Lusiana Mustinda - detikHealth
Sejumlah warga mengikuti kegiatan senam di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Minggu (8/3/2020). Kegiatan tersebut sebagai upaya pemulihan trauma warga perumahan yang salah satu warganya dinyatakan positif Virus Corona dan warga berharap perumahan tersebut tidak dijauhi. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww. Foto: ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA
Jakarta -

Senam irama merupakan jenis olahraga aerobik. Senam ini dilakukan dalam irama musik yang dipadukan dengan gerakan-gerakan senam. Awalnya senam irama ini menggunakan gerakan-gerakan yang relatif lambat dan dilakukan secara massal.

Seperti yang dikutip dari buku Dr. Olahraga Mengenalkan Teknik Senam Dasar, senam irama yang juga dikenal dengan nama senam ritmik ini terus berkembang jadi lebih kompetitif dan dipertandingkan. Pada tahun 1984, senam yang berbentuk gerak tari ini untuk pertama kalinya dipertandingkan secara internasional.

Adapun unsur-unsur yang ada dalam senam irama ialah keluwesan, gerakan dan ketepatan irama. Gerakan yang dilakukan pun ada cara berjalan, berlari hingga putaran tangan.

Gerakan dari senam irama tidak hanya dapat membuat otot lebih luwes, tetapi juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Berikut ini beberapa manfaat dari senam irama:

1. Atasi stres

Olahraga bisa membantu meringankan tingkat stres. Penyebab stres pada setiap orang beragam, bisa karena urusan pekerjaan, keluarga ataupun kisah asmara. Dengan melakukan senam irama tentu bisa membuat pikiran lebih rileks.

2. Membakar kalori

Sama seperti senam atau olahraga lainnya. Senam irama juga bisa membantu membakar kalori dan lemak yang berlebih di dalam tubuh. Setiap gerakannya membutuhkan keluwesan dan juga kelincahan supaya dapat mengikuti irama lagunya.

3. Kuatkan otot

Senam irama yang terdiri dari pemanasan, inti dan pendinginan ini juga dapat menguatkan otot. Senam irama yang dilakukan secara teratur dapat membuat otot lebih kuat dan teratur. Saat ototnya lentur dan kuat.

Saat otot menjadi lentur dan kuat, tentunya gerakan tubuh lebih leluasa dan mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat.

4. Optimalkan fungsi otak

Senam irama juga bisa membantu optimalkan fungsi otak. Gerakan yang diiringi dengan musik secara efektif dapat menurunkan kadar hormon epinefrin dan kortisol. Keduanya bisa menjadi penyebab timbulnya stres untuk kemudian diganti dengan antidepresan bernama norepineprin.

5. Menyehatkan kerja jantung

Senam irama memiliki tempo yang lambat dan juga cepat. Tentu gerakannya memerlukan kelincahan sehingga hal ini dapat menguntungkan untuk kesehatan jantung.

Jantung akan memompa darah lebih cepat jika gerakan senam irama dilakukan dengan lincah. Sehingga senam irama (https://www.detik.com/tag/senam) ini sangat cocok dilakukan oleh anak-anak hingga lansia.



Simak Video "Beraksi 'Bunny Hop' dan 'Fakie' dengan Freestyle Scooter! "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)